Inilah Cara Pencegahan Penyakit Hemoroid Itu?

Hemoroid sudah menjadi masalah kesehatan yang sangat umum. Hemoroid menyebabkan masalah serius dari sekitar 4% (lebih dari 10 juta) dari penduduk di Amerika Serikat. Prevalensi penyakit hemoroid meningkat sampai dengan usia dekade ketujuh dan kemudian sedikit berkurang. Hemoroid juga mengalami peningkatan pada saat kehamilan akibat tekanan langsung pada vena rektum.

Ambeien ini dapat terjadi diantaranya akibat mengejan yang terlalu kuat saat buang air besar atau karena meningkatnya tekanan pada pembuluh darah vena selama kehamilan. Wasir dapat terletak di dalam rektum yang disebut hemorrhoid interna (wasir dalam), atau dapat berkembang di bawah kulit di sekitar anus yang disebut hemorrhoid external (wasir luar).

Penyebab Hemoroid (Wasir)

Hemoroid disebabkan oleh tekanan yang terlalu banyak pada dubur, sehingga memaksa darah untuk meregangkan pembuluh darah hingga mengalami pembengkakan. Biasanya seseorang dimana orangtuanya mengalami hemoroid, kemungkinan juga ia dapat mengalaminya juga.

Penyebab Hemoroid paling umum:

  1. Kegemukan, proses penuaan, diare berkepanjangan dan anal seks adalah faktor-faktor lain yang dapat memicu timbulnya wasir.
  2. Sembelit (konstipasi), kotoran yang keras menyebabkan seseorang sering mengejan / mengejan saat BAB.
  3. Kehamilan seorang wanita, Seorang wanita yang sedang hamil biasanya terkena ambeien. Dikarenakan perubahan hormon ibu tersebut dan juga faktor lainnya seperti ukuran janin yang semakin hari semakin membesar. Dan banyak ibu hamil yang mengalami sembelit saat hamil sehingga hal itu juga menyebabkan ambeien.
  4. Terlalu banyak atau terlalu lama duduk, Hal ini biasanya terjadi pada seorang pegawai atau seseorang yang dalam pekerjaannya mengharuskan ia bekerja sambil duduk. Jika jangka waktu orang tersebut lama, maka kebanyakan duduk bisa mengakibatkan ambeien. Tanpa disadari, kebiasaan orang tersebut duduk terlalu lama bisa menimbulkan sebuah penyakit atau gangguan yang disebut ambeien.

Gejala Hemeroid

Berikut beberapa gejala dari penyakit hemeroid:

– Gatal dan nyeri di permukaan dubur.

– Keluarnya lendir atau darah bersama kotoran.

– Tetesan darah segar dari dubur.

– Benjolan lunak di permukaan dubur.

Pencegahan Penyakit Hemoroid

Gejala hemoroid bisa menghilang setelah beberapa hari tanpa penanganan. Hemoroid yang muncul pada masa kehamilan akan menghilang dengan sendirinya setelah Anda melahirkan. Tapi membuat perubahan gaya hidup untuk mengurangi nyeri pada pembuluh darah anus dan sekitarnya sangat disarankan. Perubahan gaya hidup yang dimaksud adalah:

– Meminum banyak air putih. Kurangi mengonsumsi kafein dan minuman beralkohol.

– Menambah asupan serat di dalam makanan: buah, sayuran, beras merah atau beras cokelat, biji-bijian, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh.

– Tidak menunda untuk buang air besar. Sebaliknya, jika mengabaikan dorongan untuk buang air besar, bisa membuat tinja keras dan kering hingga memaksa kita harus mengejan saat buang air besar.

– Berolahraga secara teratur: Bisa mencegah terjadinya konstipasi, menurunkan tekanan darah, dan membantu menurunkan berat badan.

– Menurunkan berat badan.

– Menghindari obat-obatan yang menyebabkan konstipasi seperti obat pereda rasa sakit yang mengandung kodein.

Perubahan gaya hidup di atas juga bisa mengurangi risiko hemoroid untuk kambuh. Atau juga bisa mencegah munculnya hemoroid atau wasir. Selain itu, terdapat obat-obatan yang bisa dibeli atau diresepkan oleh dokter. Obat ini berfungsi untuk mempermudah dalam buang air besar. Obat oles bisa langsung digunakan pada bokong Anda atau tablet yang bisa dibeli dari apotek secara bebas.

Untuk mengatasi hemoroid yang lebih parah, bisa digunakan beberapa jenis pengobatan. Salah satunya adalah dengan pengikatan wasir. Ini adalah proses tanpa operasi. Tali yang elastis diikatkan pada bagian bawah hemoroid secara kuat. Ini bertujuan untuk memotong aliran darah.

Hemoroid akan terjatuh sekitar satu minggu. Operasi dengan pembiusan umum kadang dilakukan. Operasi hemoroid ini bertujuan untuk mengangkat atau menyusutkan hemoroid yang besar atau jenis eksternal.

Leave a comment