Inilah Anjuran Penderita Penyakit Tuberkulosis!

Tuberkulosis merupakan salah satu penyakit yang disebabkan karena adanya infeksi pada saluran pernafasan. Infeksi ini tentu disebabkan karena bakteri dan mikroba yang menempel pada pagian pernafasan.

Penularan dan penyebaran Tuberkulosis diketahui melalui udara dan itulah mengapa penularannya tergolong sangat mudah. Ketika kita menghirup udara yang sama dengan pendeirta Tuberkulosis aktif, maka kita pun dapat tertular secara instan. Potensi tertular pun menjadi lebih tinggi ketika daya tahan tubuh kita tak begitu kuat.

Ketika penderita Tuberkulosis berbicara kepada kita, atau batuk, bersin serta meludah di dekat kita, hal ini bisa sangat membahayakan bagi tubuh kita. Meski tak semua orang yang berada di dekat penderita Tuberkulosis serta menghirup udara yang sama dan sudah tercemar bakteri pasti terserang Tuberkulosis, tetaplah waspada akan hal ini, terutama ketika daya tahan tubuh tengah lemah.

Orang-orang dengan tingkat kekebalan tubuh yang rendah akan lebih mudah terserang virus serta bakteri, maka akan sangat mudah bagi mereka untuk tertular bila berada di tempat yang sama dengan penderita Tuberkulosis. Sama halnya dengan orang-orang dengan masalah kekurangan gizi. Faktor lainnya yang mampu meningkatkan risiko tersebut adalah adanya lingkungan yang kurang sehat.

Lingkungan yang kurang baik bakal memberikan dampak negatif bagi orang-orang yang kekebalan tubuhnya sedang menurun sehingga terkena infeksi Mycobacterium tuberculosa secara lebih mudah. Kuman tersebut merupakan penyebab infeksi Tuberkulosis dan sudah ada pembuktiannya dengan kultur konfirmatori.

Cara Mencegah Tuberkulosis

Untuk mencegah Tuberkulosis tentunya harus menghindari kontak langsung dengan penderita Tuberkulosis.

– Jangan menggunakan peralatan makan yang digunakan oleh si penderita, selagi perlatan makan tersebut belum dicuci.

– Jangan memakai pakaiannya si penderita, juga selagi pakaian tersebut belum dicuci.

Adapun buah yang dapat dikonsumsi untuk penyembuhan penderita yaitu:

  1. Buah Nanas

Nanas bisa mengurangi pembentukan lendir serta bisa memberikan pemulihan yang lebih cepat terhadap penyakit Tuberkulosis. Dalam buah ini terdapat nutrisi yang baik bagi imun, kesuburan pria bahkan bagi kesehatan jantung.

  1. Buah Jeruk

Vitamin serta mineral utama ada dalam buah jeruk yang bisa meremajakan jaringan paru-paru. Ramuan jeruk berguna sebagai ekspektoran yang bisa mengurangi batuk. Sehingga bisa membantu dalam mencegah infeksi oleh bakteri tuberkulosis juga bisa meningkatkan system kekebalan tubuh.

  1. Buah Pisang

Dalam pisang terdapat banyak nutrisi yang diperlukan tubuh. Pisang juga bermanfaat untuk meredakan batuk dan sesak nafas. Terutama pisang ambon, selain rasanya yang manis juga bermanfaat bagi kesehatan paru-paru.

Anjuran Penderita Penyakit Tuberkulosis

Agar penderita tidak menularkan penyakitnya pada orang lain berikut hak yang dapat dilakukan:

  1. Tutupi saat batuk dan bersin

Untuk penderita Tuberkulosis, jika Anda ingin batuk atau bersin sebaiknya ikuti aturan tata krama masyarakat yang baik. Khusus hal ini banyak masyarakat yang masih tidak memperdulikan penyebaran virus ketika bersin atau batuk, terlepas dari berpenyakit atau tidaknya orang tersebut.

Saat batuk atau bersin, tutuplah dengan sapu tangan, tisu, atau kalau tidak ada maka benamkan muka ke arah lengah kita sendiri. Ingat, jangan ditutup dengan tangan! Bagi penderita Tuberkulosis paru, dia wajib mengenakan masker saat berada di tempat umum untuk menghindari tersebarnya kuman pada orang yang sehat.

  1. Hindari menggunakan barang-barang pribadi secara bersama-sama

Terutama yang memungkinkan kontak langsung dengan cairan dari sumber penderita. Misalnya, menggunakan sendok yang sama saat makan, minum dari gelas yang sama, atau bahkan makan makanan yang sama sehabis digigit. Namun, barang-barang tersebut bisa tetap digunakan oleh orang lain setelah dibersihkan kembali.

  1. Jangan meludah sembarangan

Sama halnya dengan batuk atau bersin di tempat umum, meludah pun jangan asal meludah, apalagi jika Anda tahu bahwa di dalamnya terdapat kuman yang menular dari penyakit yang Anda derita. Meludahlah di kamar mandi, siram sesudahnya atau buanglah air liur Anda di selokan atau kali yang airnya mengalir.

Leave a comment