Info Lengkap Tentang Penyakit Asma!

Asma itu merupakan suatu jenis penyakit pernafasan yang dimana saluran pernafasan pada bagian bronkhial paru ini mengalami penyempitan yang membuat para penderitanya mengalami kesusahan dalam bernafas. Pada umumnya penyakit asma ini dapat menyerang atau kumat secara mendadak dan bisa juga diakibatkan oleh beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya serangan penyakit asma.

Kondisi yang dapat terjadi kapan pun seperti ini sudah pasti akan sangat mengganggu dan membuat seseorang mengalami kesusahan untuk melakukan dan menjalankan aktivitas seperti biasanya. Bahkan dalam keadaan yang buruk juga bisa mengakibatkan seseorang kesulitan dan tidak mampu untuk melakukan aktivitas seperti yang biasa ia lakukan dalam kesehariannya.

Untuk penyebab utama dari sakit asma memang belum dapat dipastikan, karena orang penderita sakit asma akan secara tiba tiba saja tanpa alasan jelas. Saluran pernapasan yang di miliki oleh penderita asma pun bisa menjadi lebih sensitif di bandingkan orang normal lainnya, jadi sakit asma bias sering kambuh.

Tanda Gejala Penyakit Asma

Gejala asma kronis adalah gejala yang diakibatkan karena adanya beberapa gejala atau faktor. Salah satu gejalanya adalah bisa mengakibatkan sesak pada bagian dada. Sesak pada bagian dada ini, diakibatkan karena adanya terlalu sering berakitivitas di luar. Maka dari itu, Anda juga harus bisa meminimalisirkan kegiatan atau aktivitas yang ada di luar sana.

Penyakit asma kronis adalah penyakit yang disebabkan karena adanya infeksi atau sumbatan yang ada di saluran pernapasan atau juga bisa disebabkan karena adanya bakteri atau kuman yang bersarang di dalam saluran pernapasan.

Gejala asma kronis ini bisa dialami oleh siapa saja. Dan gejala ini bisa di kambuh dimana saja dan kapan saja, dan penyakit ini tidak di batasi oleh umur sekalipun. Maka dari itu, Anda harus bisa menjaga kesehatan dan kebersihan Anda dengan baik dan benar agar terhindar dari penyakit asma ini.

Salah satu penyebab yang bisa disebabkan karena adanya penyakit asma kronis adalah karena adanya debu yang ada disekitar Anda, dan gejalanya bisa mengakibatkan kesulitan untuk bernapas. Hal ini bisa membahayakan diri Anda sendiri.

Pada tahun 2010, 3355 Amerika meninggal karena serangan asma (PDF), untuk tingkat kematian usia disesuaikan dari satu orang per 100.000 penduduk. Itu tingkat yang cukup rendah, terutama mengingat seberapa luas penyakit ini. Saat ini 20 juta orang Amerika menderita asma, menempatkannya di atas 10 penyakit kronis dengan prevalensi.

Untuk menempatkan korban ke dalam perspektif, tingkat kematian untuk asma jauh lebih rendah dari angka kematian yang diakibatkan keracunan (9,9 kematian per 100.000 penduduk) atau kematian akibat alkohol-induced (7,5), dan sedikit lebih rendah dari tingkat kematian akibat bunuh diri (1,2 ) dan kecelakaan kerja (1,6).

Dalam banyak kasus tersebut, korban kebanyakan dari kalangan anak-anak yang gagal untuk mengambil obatnya benar.

Orang dewasa mungkin menyerah pada serangan asma jika mereka lupa untuk membawa inhaler atau nebulizer dan tidak mampu untuk mendapat pertolongan dari dokter dengan cepat. Sisanya 20% kematian melibatkan penderita asma berat yang tidak merespon pengobatan. Di antara kelompok ini, paparan alergen dapat dengan mudah berakibat fatal.

Angka kematian asma naik dan turun dari waktu ke waktu karena berbagai alasan. Ada lonjakan tajam dalam kematian di antara penderita asma di Inggris dan Selandia Baru selama 1950-an dan 1960-an, yang sejak itu telah dikaitkan dengan obat spektrum luas yang merusak hati pasien yang sensitif. Dari 1970 ke 1990-an, ada peningkatan dalam kedua kasus asma dan kematian di Amerika Serikat.

Pada tahun 1998, angka kematian mencapai dua kematian per 100.000 penduduk. Kebanyakan ahli percaya perubahan gaya hidup menyebabkan lonjakan-lebih waktu yang dihabiskan di dalam ruangan, meningkat paparan alergen dan tungau debu, dan mungkin uptick dalam menghirup polutan udara.

Sebagai keprihatinan atas pertumbuhan asma, perawatan asma yang tepat lebih baik untuk mengurangi tingkat kematian yang disebabkan penyakit asma.

Adapun berikut beberapa bahaya komplikasi dari penyakit asma:

  1. Komplikasi asma Pneumomediastinum

Pneumomediastinum dari bahasa Yunani pneuma “udara”, juga dikenal sebagai emfisema mediastinum adalah suatu kondisi dimana udara hadir di mediastinum. Kondisi ini dapat disebabkan oleh trauma fisik atau situasi lain yang mengarah ke udara keluar dari paru-paru, saluran udara atau usus ke dalam rongga dada.

  1. Atelektasis

Atelektasis adalah pengkerutan sebagian atau seluruh paru-paru akibat penyumbatan saluran udara (bronkus maupun bronkiolus) atau akibat pernafasan yang sangat dangkal.

  1. Gagal napas

Gagal napas dapat tejadi bila pertukaran oksigen terhadap karbodioksida dalam paru-paru tidak dapat memelihara laju konsumsi oksigen dan pembentukan karbondioksida dalam sel-sel tubuh.

  1. Aspergilosis

Aspergilosis merupakan penyakit pernapasan yang disebabkan oleh jamur dan tersifat oleh adanya gangguan pernapasan yang berat. Penyakit ini juga dapat menimbulkan lesi pada berbagai organ lainnya, misalnya pada otak dan mata. Istilah Aspergilosis dipakai untuk menunjukkan adanya infeksi Aspergillus sp.

Leave a comment