Gejala Penyakit Tifus Dan Penyebabnya

Sebelum membahas tentang ciri ciri gejala tipes ada baiknya kita ketahui dahulu tentang penyebab gejala tipes. Penyakit tipes atau typus terjadi karena infeksi bakteri Salmonella typhi. Bakteri ini berasal dari makanan yang sudah terkontaminasi bakteri tersebut dari feses orang yang menderita penyakit tifus, dan penyakit ini dapat menular, jadi di sarankan untuk orang yang terjangkit penyakit tipes kalau setelah BAB, cucilah tangan dengan sabun hingga bersih.

Gejala penyakit typus dengan cermat, jika demam 5-6 hari reda dan timbul lagi maka ada kemungkinan itu adalah tanda gejala tipes. Namun jika demamnya turun setelah 3 hari, kemungkinan bukan gejala sakit typus. Karena banyak penyakit infeksi lainnya yang di ikuti demam. Apalagi pada hari pertama demam, sulit untuk bisa mendiagnosa sebagai demam tifoid.

Karena gejala demam juga ada pada penyakit lainya seperti demam berdarah, migrain, dan lain-lain. Selain demam, sakit perut juga merupakan ciri2 gejala tifus. Tapi sakit perut ini berbeda dengan sakit perut penyakit maag.

Tipes disebabkan oleh jenis kuman Salmonella paratyphi A, C dan B atau Salmonella typhi. Kuman tersebut juga dapat menyebabkan gastroenteritis (keracunan makanan) dan septikema (tidak menyerang usus). Kuman Salmonella paratyphi A, C dan B atau Salmonella typhi masuk melalui saluran pencernaan.

Sesudah kuman ini berkembang biak kuman ini akan menembus dinding usus untuk menuju saluran limfa. Setelah masuk saluran limfa akan masuk ke dalam pembuluh darah dalam kisaran waktu 24 jam sampai 27 jam. Setelah itu dapat terjadi perkembang biakan di system retikuloendothelial dan menyebar lagi ke pembuluh darah yang akan menimbulkan berbagai macam gejala klinis.

Jika Anda adalah orang yang berkecimpung di dunia kedokteran pasti sudah tidak asing dengan penyakit ini, namun apabila Anda (pembaca) merupakan orang awam dengan bidang kedokteran dan ingin mengetahui bagaimana sih bibit bebet dan bobot tentang penyakit ini, berikut ini akan dijelaskan mengenai penyakit tipes dimulai dari gejala, penyebab, dan cara mencegahnya.

Namun demikian penyakit tipes dapat sembuh sendiri tanpa diobati, akan tetapi waktu penyembuhannya dapat memakan waktu berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan untuk sepenuhnya pulih, dan gejala tipes dapat kembali kambuh. Penyakit ini memang dapat berkembang secara bertahap dari minggu ke minggu.

Gejala Tipes Minggu Pertama

– Demam, awalnya rendah lama-lama meningkat hingga 103 atau 104 F (39,4 atau 40 C)

– Sakit kepala

– Kelemahan dan kelelahan

– Batuk kering

– Tidak nafsu makan

– Sakit perut

– Diare atau sembelit

– Ruam

Gejala Tipes Minggu Kedua

Jika tidak mendapat pengobatan untuk demam tifoid, maka dapat memasuk pada tahap kedua dengan kondisi yang semakin memburuk, seperti:

– Demam tinggi tetap tinggi

– Diare atau sembelit semakin parah

– Berat badan turun

– Perut kembung membesar.

Gejala Tipes Minggu Ketiga

Pada minggu ketiga, dapat mengalami:

– Mengigau

– Terlihat sangat lemah dengan mata sayu setengah tertutup.

– Komplikasi yang mengancam jiwa sering muncul pada minggu ketiga ini.

Gejala Tipes Minggu Keempat

Mungkin terjadi perbaikan secara perlahan selama minggu keempat ini. Demam akan cenderung turun secara bertahap sampai suhu tubuh kembali normal dalam satu minggu sampai 10 hari. Tapi tanda-tanda dan gejala dapat kembali sampai dua minggu setelah demam mereda.

Penyebab Penyakit Tipes

Seperti yang telah dijelaskan tadi, penyebab seseorang menderita tipes adalah dikarenakan adanya bakteri yang menyusup kedalam tubuh, nama bakteri tersebut adalah Salmonella Typhi. Bakteri ini bisa masuk karena sebelumnya menempel pada makanan dan minuman yang kita konsumsi.

Prosesnya ketika makanan yang kita makan secara tak langsung tanpa disengaja menjadi tidak sehat karena adanya lalap yang hinggap pada makanan tersebut sebelum Anda konsumsi. Hewan inilah yang membawa bakteri tersebut pada makanan.

Tak hanya itu, penyebab sepelenya bisa juga karena kebiasaan Anda tidak mencuci tangan dengan bersih ketika ingin makan karena bakteri tersebut besar kemungkinan menempel pada telapak tangan Anda yang akan Anda gunakan untuk mengambil makanan.

Leave a comment