Gejala Penyakit Hemoroid Yang Harus Kamu Waspadai!

Penyakit hemoroid atau wasir adalah pembengkakan atau peradangan pembuluh darah disekitar anus dan bagian rektum bawah. Ciri-ciri penyakit wasir ambeien tidak hanya memberikan rasa sakit kepada penderitanya, tetapi juga memberikan rasa minder atau malu karena menderita penyakt ini.

Pada penderita penyakit wasir ambeien umumnya sulit untuk duduk dan buang air besar karena terasa sakit apabila bibir anus atau spincher anus mendapat tekanan.

Faktor Penyebab Hemoroid

Beberapa faktor penyebab Hemoroid sebagai berikut:

  1. Terlalu banyak atau terlalu lama duduk, Hal ini biasanya terjadi pada seorang pegawai atau seseorang yang dalam pekerjaannya mengharuskan ia bekerja sambil duduk. Jika jangka waktu orang tersebut lama, maka kebanyakan duduk bisa mengakibatkan ambeien. Tanpa disadari, kebiasaan orang tersebut duduk terlalu lama bisa menimbulkan sebuah penyakit atau gangguan yang disebut ambeien.
  2. Sembelit (konstipasi), kotoran yang keras menyebabkan seseorang sering mengejan / mengejan saat BAB.
  3. Kehamilan seorang wanita, Seorang wanita yang sedang hamil biasanya terkena ambeien. Dikarenakan perubahan hormon ibu tersebut dan juga faktor lainnya seperti ukuran janin yang semakin hari semakin membesar. Dan banyak ibu hamil yang mengalami sembelit saat hamil sehingga hal itu juga menyebabkan ambeien.
  4. Kegemukan, proses penuaan, diare berkepanjangan dan anal seks adalah faktor-faktor lain yang dapat memicu timbulnya wasir.

Gejala penyakit Hemoroid

Gejala Hemoroid yang muncul akibat penyakit ini diantaranya:

Pendarahan saat buang air besar disertai dengan nyeri. darah yang keluar berwarna merah segar, kadang menetes atau hanya ditemukan saat membersihkan bagian anus dengan tisu.

– Terdapat pembengkakan pada daerah anus

– Bengkak pada daerah anus, kadang disertai dengan nyeri yang amat sangat

– Rasa gatal atau radang pada daerah anus

– Nyeri atau rasa tidak nyaman pada daerah anus

– Kadang terdapat kotoran yang keluar tanpa disengaja.

Gejala yang terjadi bergantung pada lokasi, jika masih terdapat didalam biasanya gejala tidak terlalu berasa, namun jika sudah keluar, maka ras atidak nyaman muncu.

Penekanan berlebihan akibat buang air besar sulit, atau kotoran yang teralalu kerasa dapat mengakibatkan hemoroid yang masih didalam (interna) tertekan keluar. Saat terjadi radang berlebihan, hemoroid dapat terasa gatal dan mengalami pendarahan.

Jika mengalami pendarahan saat buang air besar sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter, untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. Keluarnya darah melalui anys, mungkin saja terjadi akibat masalkah yang lebih serius misalnya kanker usus besar.

Pembuluh vena disekitar anus dapat mengalami peregangan akibat tekanan, sehingga membesar dan bengkak.

Cara Mencegah Penyakit Wasir atau Ambeien

Jika seseorang sudah terdiagnosis mengidap penyakit wasir atau ambeien maka akan mengalami gejala yang diantara lain adalah timbulnya pendarahan yang terkadang tidak disertai rasa sakit. Biasanya penderita hanya akan sadar jika benar-benar memperhatikan bahwa ada tetesan darah yang keluar dan terlihat dari kertas tisu toilet.

Penderita bisa juga kemudian mengalami penyakit radang usus, infeksi dan juga tumor. Ada beberapa jenis pengobatan yang kita kenal untuk menuntaskan penyakit wasir, tapi sebelum berbicara mengenai hal itu ada baiknya kita juga terlebih dahulu memahami tentang cara mencegah penyakit wasir, yang diantaranya adalah:

Banyak mengkonsumsi makanan berserat, Pastikan untuk mengonsumsi cukup banyak serat dalam pola makan sehari-hari. Untuk memperoleh hasil lebih maksimal, sebaiknya dapatkan serat yang diperlukan tubuh dengan mengonsumsinya langsung dari buah-buahan atau sayuran segar ketimbang menggantinya dengan serat buatan dari suplemen.

Cara kedua untuk menghindari penyebab ambeien adalah dengan menghindari beberapa jenis minuman yang tidak memberi manfaat pada tubuh secara keseluruhan, dan bisa menjadi penyebab timbulnya penyakit ambeien.

Jenis-jenis minuman tersebut adalah minuman yang mengandung alcohol, minuman yang mengandung terlalu banyak kafein, dan berbagai jenis minuman yang mengandung soda. Meminum minuman yang mengandung banyak kola juga sangat tidak baik bagi sistem pencernaan secara keseluruhan.

Minumlah minimal 8 gelas air yang menyehatkan setiap hari. Sangat penting bagi fungsi tubuh secara keseluruhan jika tersedia cukup cairan yang masuk ke dalam tubuh setiap harinya. Bagi mereka yang memiliki berat tubuh di atas normal atau biasa disebut mengalami kegemukan, minumlah lebih dari 8 gelas air agar hasil yang diperoleh lebih maksimal.

Cara menghindari penyebab ambeien yang ke empat adalah rajinlah berolah raga. Melakukan olah raga minimal tiga puluh menit setiap hari dapat membantu menguatkan badan termasuk tubuh di bagian anus/ dubur. Olah raga rutin juga akan membantu memperlancar sistem pencernaan sehingga tubuh bisa membuang racun lebih efektif.

Jangan bersikeras untuk mengangkat benda yang sangat berat sendirian. Hal tersebut bukan hanya akan menimbulkan resiko cedera pada bagian punggung, tulang belakang, serta bagian lain tubuh akan tetapi juga bisa menjadi penyebab ambeien.

Saat tubuh mengangkat benda yang sangat berat, tekanan tersebut dapat membuat pembuluh darah vena atau pembuluh darah balik di area anus melebar dan membengkak.

Leave a comment