Inilah Gejala Dan Penyebab Penyakit TBC!

Penyakit TBC merupakan penyakit yang mudah sekali menyerang bila keadaan tubuh lemah, karena penyakit ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri, lebih tepatnya oleh bakteri tuberkolosis.

Tuberculosis (TBC) merupakan penyakit menular yang masih menjadi perhatian dunia. Hingga saat ini, belum ada satu negara pun yang bebas TBC. Angka kematian dan kesakitan akibat kuman mycobacterium tuberculosis ini pun tinggi.

TBC dapat menyerang siapa saja, baik pria dan wanita, ataupun muda dan tua, semua dapat diserang dengan penyakit ini. TBC atau penyakit tuberkolusis biasanya mudah menyerang orang yang sedang mengalmi stress berat, ataupun orang yang daya tahan tubuhnya menurun.

TBC merupakan penyakit menular yang menyebabkan masalah kesehatan terbesar kedua di dunia setelah HIV. Indonesia sendiri termasuk lima besar negara dengan jumlah pengidap TB terbanyak di Asia Tenggara dengan jumlah pengidap yang mencapai 305.000 jiwa pada tahun 2012.

Gejala Penyakit TBC

  1. Nafsu Makan Menurun Bahkan Menghilang

Bakteri yang telah masuk di dalam darah penderita TBC membuat otak mengirimkan sinyal pada tubuh untuk tidak mau dimasuki oleh berbagai jenis makanan. Ketika makan atau minum pun biasanya para penderita TBC akan mual dan muntah jadi sama saja tidak ada makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Keadaan ini jika dibiarkan akan menjadi masalah yang serius karena bagaimanapun juga tubuh membutuhkan asupan gizi dan nutrisi supaya nafsu makan bisa kembali dan tubuh bisa menyerang bakteri penyebab penyakit TBC ini.

  1. Urin yang Berwarna Merah atau Keruh

Selain gejala yang sudah disebutkan di atas, gejala lain yang akan dirasakan oleh para penderita adalah keluarnya urin yang bewarna merah akibat adanya darah di dalam urin atau urin yang berwarna keruh.

Hal ini berarti menandakan bahwa sistem organ ginjal juga sudah terkena masalah entah itu akibat penyakit TBC itu sendiri atau penyakit TBC memperparah penyakit ginjal yang sudah diderita oleh para penderitanya itu sendiri.

Urin yang bercampur darah juga bisa menyebabkan rasa sakit yang cukup luar biasa dan menyiksa para penderitanya.

  1. Dada Nyeri Saat Bernafas

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa salah satu ciri dari adanya penyakit TBC adalah rasa sakit dan sesak di dalam dada. TBC pada paru-paru ini akan menimbulkan rasa sakit terutama ketika bernafas.

Tentunya keadaan ini menjadikan para penderitanya menjadi sangat tersiksa dan terganggu aktivitasnya. Dada nyeri ini diakibatkan oleh paru-paru yang sudah terserang virus dan bakteri sehingga saat mengambil nafas dada terasa nyeri. Nyeri dada ini juga sering dialami oleh penderita bronkitis.

  1. Kejang-kejang

Gejala lain yang mungkin akan dialami oleh para penderita TBC adalah kejang-kejang seperti halnya orang yang mengidap penyakit epilepsy.

Kejang-kejang ini ditimbulkan karena bakteri penyebab penyakit TBC ini juga menyerang sistem saraf sehingga menyebabkan kejang-kejang. Untuk menanggulanginya ketika terjadi kejang memang lebih baik dilakukan oleh tim medis karena bisa jadi kejang ini juga menunjukkan keadaan lain yang tidak baik di dalam tubuh.

Jadi ketika anda mengetahui kerabat anda mengalami kejang jangan sungkan untuk segera membawanya atau memanggil tim medis supaya bisa mendapatkan pengobatan yang lebih intensif nantinya.

  1. Penurunan Berat Badan

Karena para penderita TBC ini mengalami kehilangan nafsu makan, maka yang akan menjadi akibatnya adalah terjadi penurunan berat badan secara drastis.

Jadi, jika anda mengalami batuk yang cukup parah dengan nafsu makan yang hilang serta berat badan menurun maka sebaiknya anda cepat memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih cepat dan tepat karena bisa jadi anda menderita penyakit TBC ini.

  1. Demam dan Menggigil

Setelah mengalami batuk yang cukup parah dan tidak kunjung sembuh, para penderita penyakit TBC juga akan mengalami demam tinggi disertai dengan rasa menggigil yang sangat parah. Hal ini tentu saja akan membuat para penderitanya menjadi lebih tersiksa lagi.

Jika sudah pada tahap ini sebaiknya para penderita segera lakukan pemeriksaan jika harus malah diajurkan untuk rawat inap di rumah sakit supaya bisa mendapatkan perawatan lebih intensif dari tim medis.

Penyebab Penyakit TBC

TBC atau tubercolosis disebabkan oleh agen yang bernama Microbacterium tubercolosis. Agen ini pertama kali ditemukan pada tahun 1882 oleh Robert Koch. Microbacterium tubercolosis adalah bakteri yang berbentuk batang dan juga tahan terhadap asam.

Sebenarnya kuman ini dalam beberapa detik akan segera mati jika terkena sinar matahari langsung. Tetapi sebaliknya jika kuman ini berada di lingkungan yang cocok untuk kehidupannya yaitu suasana lingkungan yang gelap dan lembab, maka kuman ini akan dapat bertahan hingga berjam – jam.

Dan yang lebih parah lagi kuman ini dapat terus ada dilingkungan hingga bertahun – tahun dalam keadaan dormant atau dalam kondisi tidur.

Leave a comment