Gejala Awal Penyakit Hepatitis B!

Hepatitis B adalah suatu penyakit hati yang disebabkan oleh adanya virus hepatitis B (VHB), suatu anggota famili hepadnavirus yang dapat menyebabkan peradangan hati akut atau menahun yang pada sebagian kecil kasus dapat berlanjut menjadi sirosis hati atau kanker hati. Mula-mula dikenal sebagai serum hepatitis dan telah menjadi epidemik pada sebagian Asia dan Afrika. Hepatitis B telah menjadi endemik di Tiongkok dan berbagai negara Asia.

Penyebab hepatitis ternyata tak semata-mata karena virus. Keracunan obat dan paparan berbagai macam zat kimia seperti karbon tetraklorida, chlorpromazine, choloroform, arsen, fosfor, dan zat-zat lain yang digunakan sebagai obat dalam industri modern bisa juga menyebabkan hepatitis.

Zat-zat kimia ini mungkin saja tertelan, terhirup atau diserap melalui kulit penderita. Menetralkan suatu racun yang beredar di dalam darah adalah pekerjaan hati. Jika banyak sekali zat kimia beracun yang masuk ke dalam tubuh, hati bisa saja rusak sehingga tidak dapat lagi menetralkan racun-racun lain.

Virus hepatitis B ini memiliki keganasan lebih besar 100 kali lipat dari virus HIV yang menjadi virus penyebab penyakit AIDS yang juga merupakan virus yang mudah menular dan sangat mematikan ini yang sebagian besar menyerang kaun perempuan.

Namun jika hepatitis B ini sudah teridentifikasi lebih awal dan pencegahan sudah dilakukan lebih dini penderita hepatitis ini akan mengalami penyembuhan hingga 90 % namun 10 % sisanya juga dapat memungkinkan terjadinya hepatitis akut yang merupakan cikal bakal dari awal munculnya kanker hati. Penyebaran dan penularan virus dari hepatitis B ini 10 kali lebih cepat dan kuat dibanding dengan virus HIV.

Penyakit Hepatitis B sebenarnya diklasifikasikan menjadi dua jenis yakni hepatitis B akut dan hepatitis B kronis. Hepatitis B akut biasanya terjadi kurang lebih selama 1 bulan – 4 bulan untuk pertama kali sejak terinfeksinya virus hepatitis B. Bagi sebagian orang yang sudah terinfeksi, mereka awalnya tidak merasakan gejala yang signifikan, adapun tanda awal datangnya hepatitis B diawal dengan gejala sebagai berikut:

– Warna kulit yang berubah menjadi kuning

– Nyeri didaerah hati

– Adanya ruam pada telapak tangan

– Gangguan penglihatan

– Dan dapat pula terjadi osteoporosis karena mengalami penurunan pnyerapan vitamin D

– Mengalami Demam

– Gejala yang menyerupai flu

– Sering merasa kelelahan

– Kehilangan nafsu makan

– Perut yang terasa mual

Gejala awal penyakit hepatitis B dapat berpengaruh kepada fungsi hati. Untuk pederita hepatitis B kronis, biasanya mereka tidak mempunyai gejala. Namun ketika sistem imun tubuh penderita hepatitis B akan memburuk, dan akhirnya organ hati menjadi meradang. Kondisi seperti ini akan menyebabkan terjadinya sirosis hati atau terjadinya luka yang sangat parah pada organ hati.

Ingatlah selalu bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati. Dan salah satu cara untuk pencegahan penyakit hepatitis B adalah dengan melakukan vaksinasi hepatitis B. Untuk saat ini vaksinasi hepatitis B mudah untuk kita dapatkan walaupun harga masih terbilang mahal.

Seseorang yang terserang hepatitis B biasanya tidak mengalami gejala klinis ataupun kelainan dan gangguan kesehatan lainnya. Orang yang tidak mengalami gejala hepatitis B yang tidak diketahui disebut juga dengan pembawa VHB. Seseorang yang tidak mengetahui atau tanpa mengetahui gejala hepatitis B ini biasanya mempunyai sistem imunitas tubuh yang cukup baik atau karena virus hepatitis B yang tidak aktif.

Leave a comment