Ciri Penyakit Hemoroid Itu Bagaimana?

Hemoroid adalah pelebaran dan peradangan pembuluh darah vena (varises) yang terletak di sekitar anus atau pada rektum bagian bawah.

Secara normal vena – vena pada anus dan rektum akan menyalurkan darah kembali ke jantung, karena pembuluh darah melebar maka darah akan terkumpul disana sehingga membentuk tonjolan atau benjolan abnormal yang teraba lunak yang tak lain merupakan pelebaran vena yang berisi darah. Besarnya ambeien (benjolan) tergantung pada derajat keparahannya.

Faktor Penyebab Penyakit Hemoroid

Beberapa faktor yang dapat mengakibatkan Penyakit Hemoroid hal ini adalah:

– Regangan akibat pergerakan kotoran yang besar dan keras

– Duduk terlalu lama didalam toilet

– Diare yang berlangsung lama atau terjadi konstipasi (sulit buang air besar)

– Kegemukan juga dapat menjadi salah satu faktor

– Kehamilan dapat mencetuskan kelainan ini, akibat tekanan berlebihan pada daerah anus

– Hubungan intim melalui anus merupakan salah satu penyebab

– Adanya penyakit seperti pembesaran prostat yang menyebabkan penderita harus mengedan BAB

– Keturunan.

– Penyakit seperti kolitis ulseratif

Faktor usia ditengarai dapat menjadi penyebab karena pada saat usia beranjak tua, jaringan yang menunjang pembuluh darah didalam rektum melemah, sehingga dapat dengan mudah mengalami peregangan.

Ciri Penyakit Hemoroid

Ciri-ciri penyakit wasir ambeien adalah:

  1. Derajat 1

Gejala pendarahan berwarna merah segar pada saat buang air besar tanpa disertai benjolan atau tonjolan dari dubur.

  1. Derajat II

Gejala adanya benjolan atau tonjolan keluar dari dubur pada saat buang air besar tetapi masih bisa masuk kembali dengan sendirinya.

  1. Derajat III (indikasi operasi)

Gejala seperti derajat II, tetapi benjolan atau benjolan yang keluar dari dubur tidak dapat masuk spontan, harus didorong kembali.

  1. Derajat IV (indikasi operasi)

Gejala benjolan atau tonjolan yang keluar dari dubur tidak dapat masuk kembali walaupun didorong.

Penanganan ciri-ciri penyakit wasir ambeien:

Gejala ringan (I dan II)

– Diet serat tinggi dan minum yang banyak serat pemakaian obat-obatan

– Rubber band ligaton

– Injeksi

– Infra red coagulation

Gejala berat (derajat III dan IV)

– Operasi konvensional

– Staples

Pencegahan Penyakit Hemoroid

Menjaga kebersihaan bagian anus merupakan cara menghidari timbulnya penyakit ambeien. Jika banyak kotoran yang menempel pada daerah anus, hal tersebut dapat menjadi penyebab iritasi dan akhirnya memicu timbulnya ambeien. Menjaga kebersihan bagian anus adalah termasuk menjaga kebersihan pakaian dalam serta pakaian luar yang dikenakan.

Menjaga berat badan tetap seimbang merupakan salah satu cara menghindari penyebab ambeien. Tubuh yang memiliki bobot badan berlebih memiliki kemungkinan untuk terserang penyakit ambeien lebih besar.

Memiliki kelebihan berat badan bukan hanya akan menimbulkan kesulitan bagi seseorang untuk membersihkan bagian anus nya juga akan memberi tekanan yang sangat besar pada pembuluh darah vena sehingga memungkinkan terjadinya pembengkakan pembuluh darah tersebut.

Saat buang air besar, jangan mengejan terlalu kuat. Tekanan yang terlalu kuat akan menyebabkan pembuluh darah vena membengkak dan menjadi penyebab ambeien. Mengejanlah secara wajar. Selain itu hentikan kebiasaan duduk terlalu lama di toilet atau membaca buku, koran, dan lain-lain saat buang air besar.

Operasi Untuk Hemeroid

Hemoroidektomi adalah operasi pengangkatan hemoroid. Biasanya dilakukan dengan bius umum. Anda akan tertidur dan tidak merasa kesakitan saat pengangkatan. Hemoroidektomi konvensional melibatkan pembukaan kecil dari anus. Ini berfungsi untuk memotong hemoroid. Anda butuh cuti kurang lebih tujuh hari untuk pulih kembali.

Pembedahan akan dilakukan pada jaringan di sekitar hemoroid. Pembuluh darah yang membengkak di dalam hemoroid akan diikat untuk mencegah pendarahan. Setelah itu, hemoroid diangkat. Area operasi mungkin dijahit tertutup atau dibiarkan terbuka. Kain kasa medis dipakai untuk menutupi lukanya.

Anda akan merasakan sakit dan nyeri setelah operasi atau bahkan berminggu-minggu setelahnya. Tapi ini bisa diatasi dengan obat pereda rasa sakit. Konsultasikan kepada dokter jika rasa sakit berlanjut. Kemungkinan hemoroid kembali setelah hemoroidektomi adalah 5 persen. Angka ini lebih rendah dibandingkan penanganan hemoroid tanpa operasi.

Untuk mengurangi risiko munculnya kembali hemoroid, menambah asupan serat dalam makanan sangatlah penting.

Leave a comment