Ciri Ciri Penyakit Ginjal Dan Obatnya!

Penyakit gagal ginjal adalah salah satu jenis penyakit yang menghantui banyak orang. Gagal ginjal adalah penyakit yang terjadi saat ginjal manusia mengalami gangguan dalam melaksanakan fungsinya. Ginjal itu sendiri berfungsi untuk membuang sisa metabolisme dalam tubuh manusia dan saat ginjal gagal untuk melakukan fungsi ini, muncullah istilah gagal ginjal.

Penyakit ini dapat dibagi menjadi dua macam yaitu gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis. Pengobatan yang teratur dapat menyembuhkan gagal ginjal akut namun untuk gagal ginjal kronis, sang penderita harus menjalai pengobatan seumur hidup. Untuk kali ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai gagal ginjal kronis dan semua ha yang terkait dengannya.

Ciri Penyakit Ginjal

Inilah ciri penyakit ginjal yang seering terjadi, yaitu:

  • Mual
  • Muntah
  • Anemia
  • Sesak napas
  • Kehilangan nafsu makan
  • Sensasi rasa logam di mulut
  • Bau mulut
  • Darah dalam urin
  • Pembengkakan
  • Retensi air (edema)
  • Nyeri perut bagian bawah
  • Nyeri punggung bawah
  • Ruam kulit
  • Kulit gatal

Penyebab Penyakit Ginjal

Inilah penyebab terjadimua penyakit ginjal, yaitu:

  1. Sumbatan Saluran Kencing

Sumbatan di salah satu saluran kencing (mulai dari ginjal ssaluran kencing yang paling akhir) yang bersifat kronis dapat membuat air kencing sulit dibuang dan akhirnya kembali ke organ ginjal sehingga merusak ginjal.

Sumbatan dapat dalam bentuk apa saja. Sebab yang paling sering ialah pria dengan pembesaran prostat yang tidak diobati. Penyebab lainnya adalah batu ginjal yang tidak diobati dan penyembuhan yang tidak sempurna dari saluran kencing yang pernah sakit sebelumnya sehingga terjadi penyempitan.

  1. Konsumsi Petai dan Jengkol yang Berlebihan

Petai dan jengkol yang dimakan dalam jumlah yang sangat banyak dalam satu waktu (sekali makan) dapat menyebabkan gagal ginjal akut. Penyebab sakit ginjal ini tidak jarang terjadi di Indonesia.

  1. Infeksi

Contoh penyakit infeksi yang menjadi penyebab sakit ginjal adalah malaria, demam berdarah dengue dan leptospirosis.

Keadaan infeksi ini dapat sedemikian rupa membuat tubuh menjadi dehidrasi serta merusak ginjal secara langsung hingga menyebabkan gagal ginjal. Maka, bila Anda menderita sakit di atas jangan ragu membawa diri Anda ke rumah sakit.

  1. Luka Bakar

Penyebab sakit ginjal kali ini adalah luka bakar yang luas, biasanya lebih dari 30% luas tubuh. Luka bakar akan merusak kulit sehingga kulit tidak dapat menjalani fungsinya dengan optimal.

Hal ini rentan menyebabkan air mudah menguap dari kulit yang terbakar sehingga rentan menyebabkan terjadinya gagal ginjal.

  1. Bencana Alam dan Kecelakaan

Korban bencana alam misalnya saja gempa bumi yang tertimbun di rereuntuhan berhari-hari dapat menderita gagal ginjal akut karena keadaan dehidrasi.

Selain dehidrasi, hancurnya otot yang tertimpa oleh reruntuhan juga dapat menyebabkan gagal ginjal karena zat yang dilepaskan dari otot yang luka tersebut. Kecelakaan yang melibatkan banyak luka parah pada otot juga dapat menjadi penyebab sakit ginjal.

Obat Penyakit Ginjal

Berikut ini onat untuk menyembuhkan penyakit ginjal, yaitu:

  1. Seledri

Seledri adalah salah satu tanaman herbal yang baik untuk mengobati penyakit ginjal. Konsumsi seledri setiap pagi sebelum makan atau minum apapun. Mengonsumsi seledri dengan cara ini secara teratur bisa mengurangi batu ginjal yang sudah terbentuk.

  1. Dandelion

Dandelion adalah salah satu jenis bunga yang memiliki warna kuning. Untuk mengobati ginjal, dandelion bisa menjadi salah satu tanaman herbal yang bisa digunakan. Dandelion memiliki sifat diuretik dan mengandung potasium yang tinggi.

Untuk itu dandelion bisa digunakan untuk memproduksi urine sehingga mencegah terbentuknya batu ginjal.

  1. Paku Ekor Kuda

Salah satu tanaman herbal untuk menyembuhkan dan merawat batu ginjal adalah paku ekor kuda. Tanaman ini juga bisa dipakai untuk mengobati perut yang kembung. Tanaman ini memiliki efek mendinginkan yang bisa menghancurkan batu ginjal dalam waktu singkat.

  1. Tapak Liman

Tanaman obat sakit ginjal ini rasanya agak pahit dan pedas. Bersifat sebagai astrigen dan sejuk. Khasiatnya yang berhubungan untuk mengatasi gangguan ginjal adalah sebagai pereda demam (anti piretik), antibiotik, anti radang, peluruh kencing (diuretik), menghilangkan bengkak, penawar racun (detoksisan).

Daun tapak liman mengandung elephantopin, deoxy-elephantopin, isodeoxy-elephant pin, 11-13 dihydro-dioxy-elephant pin, elephantin, epifriedelinol, stigma sterol, draconian 1-ol, lupeol, lupeol acetat.

  1. Kemangi

Kemangi adalah salah satu tanaman herbal yang memiliki efek menguatkan dan menyehatkan ginjal. Jika Anda memiliki batu ginjal, mengonsumsi satu sendok teh jus kemangi dan madu. Ramuan herbal ini bisa menghancurkan batu ginjal jika dikonsumsi selama enam bulan secara teratur.

Leave a comment