Cara Penyembuhan Penyakit Malnutrisi Yaitu …

Malnutrisi adalah kondisi medis serius pada seseorang akibat tidak mendapatkan semua nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Atau dengan kata lain mengalami gizi buruk. Seseorang bisa kekurangan gizi meski mengonsumsi banyak makanan.

Karena makanan yang dikonsumsi tidak mengandung mikronutrien (vitamin dan mineral) yang cukup guna memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari.

Selain itu, malnutrisi juga bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan tubuh yang tidak dapat menyerap nutrisi, masalah pada kesehatan mental, dan kecanduan narkotika dan alkohol. Malnutrisi membuat orang sulit tumbuh besar, susah melakukan pekerjaan fisik, kemampuan belajar kurang, dan mudah terserang penyakit.

Malnutrisi merupakan masalah yang menjadi perhatian internasional serta memiliki berbagai sebab yang saling berkaitan. Penyebab malnutrisi menurut kerangka konseptual UNICEF dapat dibedakan menjadi penyebab langsung (immediate cause), penyebab tidak langsung (underlying cause) dan penyebab dasar (basic cause).

Faktor Resiko Malnutrisi

Bayi dan anak-anak merupakan resiko terbesar untuk mengalami kekurangan gizi karena mereka membutuhkan sejumlah besar kalori dan zat gizi untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Mereka bisa mengalami kekurangan zat besi, asam folat, vitamin C dan tembaga karena makanan yang tidak memadai.

Kekurangan asupan protein, kalori dan zat gizi lainnya bisa menyebabkan terjadinya kekurangan kalori protein (KKP), yang merupakan suatu bentuk dari malnutrisi yang berat, yang akan menghambat pertumbuhan dan perkembangan.

Kecenderungan untuk mengalami perdarahan pada bayi baru lahir (penyakit hemoragik pada bayi baru lahir), disebabkan oleh kekurangan Vitamin K, dan bisa berakibat fatal.

Sejalan dengan pertumbuhannya, kebutuhan makanan anak-anak akan bertambah, karena laju pertumbuhan mereka juga bertambah. Pada wanita hamil atau wanita menyusui, kebutuhan zat gizi meningkat untuk mencegah malnutrisi pada bayi dan dirinya sendiri.

Asam folat diberikan selama kehamilan untuk menurunkan resiko gangguan perkembangan otak atau tulang belakang (spina bifida) pada bayi. Meskipun pada wanita-wanita pemakai Pil KB lebih mungkin untuk menderita kekurangan asam folat, tidak ada bukti bahwa bayinya akan menderita defisiensi asam folat.

Bayi yang berasal dari ibu peminum alkohol akan mengalami gangguan keseimbangan fisik dan mental (sindroma alkohol pada janin), karena penyalahgunaan alkohol dan malnutrisi yang disebabkannya, bisa mempengaruhi pertumbuhan janin. Bayi yang mendapatkan ASI eksklusif, bisa mengalami kekurangan vitamin B12, jika ibunya adalah seorang vegetarian.

Cara Penyembuhan Penyakit Malnutrisi

Jika Anda memiliki anak yang diduga mengalami malnutrisi atau kurang gizi ada baiknya untuk segera membawanya ke rumah sakit sebagai pertolongan pertama. Hal ini sesuai dengan saran yang diutarakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Dengan demikian, dokter dapat memeriksa keadaan anak dengan seksama dan dapat mengobati dehidrasi maupun infeksi yang terjadi.

Pada fase awal pengobatan, seorang anak akan diberikan asupan gizi yang disalurkan melalui hidung ini berlangsung hingga 1 minggu. Jika keadaan sang anak sudah terlihat membaik dilanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu rehabilitasi. Pada tahap ini sang anak dapat diberi ASI. Seringkali anak membutuhkan dukungan secara emosi ataupun fisik, sehingga nafsu makannya dapat bertambah.

Perhatian dan pemberian kasih sayang merupakan cara yang paling ampuh dalam mengobati sang anak. Beberapa dokter dan ahli gizi bisa jadi membantu para ibu dengan memberikan tips praktis dalam merawat anak atau dalam memilih menu makanan yang bergizi agar terhindar dari kekambuhan.

Setelah kondisi anak benar-benar pulih, ia dapat dirawat di rumah dan dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan secara berkala baik itu di rumah sakit atau klinik anak untuk mendapatkan perawatan lanjutan yang memadai.

Leave a comment