Cara Menyembuhkan Penyakit Serangan Jantung

Penyakit serangan jantung adalah penyakit yang paling mematikan nomer satu di seluruh dunia. Saat ini banyak pasien yang meninggal akibat penyakit jantung ini.

Gejala serangan jantung sangat bervariasi, namun tentu anda harus mewaspadai semuanya. Anda perlu mewaspadai berbagai macam gejala yang merupakan indikasi dari penyakit jantung.

Penyebab penyakit serangan jantung umumnya tidak begitu disadari oleh penderitanya. Penyebab serangan jantung baru akan dirasakan ketika timbul suatu gejala umum seperti angina (sakit dada), sesak napas dan gejala umum lainnya.

Agar tidak bertambah parah, ada baiknya kita mengetahui bagaimana cara menangani serangan jantung. Penanganan saat serangan jantung tidak boleh terlambat.

Sebab waktu bagi penderita serangan jantung adalah nyawa. Terlambat sedikit saja akan fatal akibatnya.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menyediakan obat. Berikut ini adalah berbagai jenis obat yang bisa berguna untuk mengatasi serangan jantung:

– Thrombolytic

Obat ini berfungsi sebagai pelarut darah yang menggumpal sehingga aliran darah ke jantung menjaid lancar dan tidak tersumbat oleh penggumpalan darah tersebut.

Semakin cepat pasien mendapatkan obat pelarut gumpalan darah ini maka waktu untuk bertahan hidup pasien akan meningkat, obat ini juga mencegah kerusakan jaringan di jantung semakin parah.

– Antiplatelet

Obat ini berguna untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah kembali, obat ini juga digunakan mencegah penggumpalan yang ada di dalam tubuh tidak semakin besar atau melebar.

– Aspirin

Obat ini harus anda sediakan di rumah. Ketika ada orang di dekat anda mengeluh pusing, berkeringat, mual dan muntah disertai dengan sesak nafas anda jangan mengerokinya namun segeralah beri dia aspirin.

Hal itu dikarenakan bisa jadi dia sedang mengalami serangan jantung koroner. Fungsi dari obat ini untuk mengurangi dan menghindari penggumpalan darah.

Dengan mengkonsmsi obat ini diharapkan aliran darah tetap lancar meski pembuluh darah mengalami penyempitan.

– ACE Inhibitor

Obat ini merupakan obat yang dipakai untuk melebarkan pembuluh darah dan berfungsi untuk menormalkan tekanan darah yang tinggi. Dengan begitu kinerja jantung pun akan berkurang dan tidak terbebani kembali.

– Nitroglycerin

Obat ini memiliki fungsi sebagai peningkat aliran darah menuju ke jantung serta sebagai pelebar pembuluh darah.

– Pengencer darah

Obat pengencer darah juga dibutuhkan untuk mengatasi serangan jantung. Fungsi obat ini untuk mencegah penggumpalan darah agar tidak terjadi kembali.

– Beta blockers

Obat ini berfungsi sebagai pelambat detak jantung dan sebagai pelindung jantung dari hormon adrenalin maupun non adrenalin yang ada di dalam tubuh. Obat ini akan diberikan saat jantung sudah kehilangan fungsinya dengan baik.

– Morfin

Morfin dalam batas yang normal berguna untuk penghilang rasa sakit, sedangkan morfin jika digunakan dalam dosis yang berlebihan bisa menyebabkan orang ngefly.

Jika kondisi tidak memungkinkan maka pihak medis akan melakukan operasi untuk menyelamatkan nyawa pasien. Berikut ini adalah operasi yang akan dilakukan oleh pihak medis:

– Transplantasi

Cara terakhir untuk mengatasi serangan jantung adalah menggunakan transplantasi. Jantung pasien yang sudah tidak berfungsi digantikan dengan jantung dari pedonor yang masih sehat.

Jika jantung cocok maka transplantasi bisa segera dilakukan dengan mendapatkan persetujuan dari kedua belah pihak.

Berbagai hal yang berhubungan dengan serangan jantung perlu kita ketahui, mengingat kasus penyakit jantung dari tahun ke tahun semakin meningkat.

Dengan menerapkan pola makan yang sehat, pola hidup yang sehat serta mengenali kesehatan diri sendiri dengan baik diharapkan bisa menghindarkan kita dari bahaya serangan jantung.

– Angioplasti koroner

Operasi ini dlakukan dnegan menggunakan pipa kecil dan terdapat balon pada ujungnya. Pipa itu dimasukkan ke dalam pembuluh darah besar yag ada di bagian paha atau di bagian lengan.

Balon itu akan menuju ke bagian pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Setelah berada di pembuluh yang dituju, balon itu akan dikembungkan agar pembuluh darah melebar serta plak yang menutup pembuluh darah itu akan hilang.

– Bypass jantung

Operasi ini diperlukan jika sudah terjadi banyak penyumbatan di pembuluh darah utama di jantung. Medis akan membuat jalur baru untuk mengalirkan darah menuju ke jantung.

Operasi ini akan mengambil pembuluh darah yang ada di bagian lain tubuh, pembuluh darah yang diambil ada di dada atau kaki. Pembuluh darah itu merupakan jalur baru bagi aliran darah menuju ke jantung.

– Ring

Pemasangan ring atau cincin bisa dilakukan untuk melebarkan pembuluh darah utama yang ada di jantung.

Dengan memasang ring pada pembuluh darah utama itu diharapkan aliran darah menuju ke jantung lebih lancar dan lebih stabil sehingga serangan jantung tidak akan muncul.

Leave a comment