Cara Mengatasi Penyakit Kanker Darah

Kanker darah atau leukemia adalah kanker yang menyerang sel-sel darah putih. Sel darah putih merupakan sel darah yang berfungsi melindungi tubuh terhadap benda asing atau penyakit. Sel darah putih ini dihasilkan oleh sumsum tulang belakang.

Pada kondisi normal, sel-sel darah putih akan berkembang secara teratur di saat tubuh membutuhkannya untuk memberantas infeksi yang muncul. Namun lain halnya dengan pengidap kanker darah.

Sumsum tulang akan memproduksi sel-sel darah putih yang abnormal, tidak dapat berfungsi dengan baik, dan secara berlebihan. Jumlahnya yang berlebihan akan mengakibatkan penumpukan dalam sumsum tulang sehingga sel-sel darah yang sehat akan berkurang.

Selain menumpuk, sel abnormal tersebut juga dapat menyebar ke organ lain, seperti hati, limfa, paru-paru, ginjal, bahkan hingga ke otak dan tulang belakang.

Faktor Penyebab Kanker Darah

  1. Paparan Kimia

Paparan bahan kimia berbahaya adalah salah satu faktor risiko utama penyebab kanker darah. Bila memungkinkan, hindari situasi yang melibatkan bahan kimia berbahaya dalam kegiatan sehari-hari Anda. Ini mencakup dan tidak hanya terbatas pada pestisida, benzena (hadiah kimia dalam gas tanpa timbal), herbisida, dan insektisida.

Contoh yang paling dekat dengan kehidupan sehari-hari adalah aneka makanan yang Anda konsumsi. Sayur dan buah-buahan semua dikembangkan dengan penggunaan berbagai macam bahan kimia. Seperti penggunaan pupuk kimia, pembasmi hama dengan zat kimia, bahan pengawet, dan lain-lain.

And bisa sedikit menghindari dengan konsumsi bahan makanan secara alami, yaitu dengan mengonsumsi sayur dan buah organik. Walaupun harganya lebih mahal, tapi sayur dan buah organik bebas dari residu bahan kimia dan bernutrisi lebih tinggi daripada sayur dan buah konvensional atau nonorganik.

Jika Anda harus terkena bahan kimia, berusahalah untuk meminimalkan kontak dengan kulit secara langsung dan memakai masker untuk mencegah inhalasi (penghirupan zat kimia). Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun antiseptik.

  1. Radiasi

Penyebab kanker darah berikutnya adalah paparan radiasi yang mengenai tubuh secara kontinyu. Paparan radiasi tingkat tinggi juga merupakan faktor risiko umum penyebab kanker darah.

Paparan radiasi ini tidak hanya mencakup individu yang terkena radiasi akibat dari pekerjaan (misalnya, Anda yang bekerja di pembangkit listrik tenaga nuklir), tetapi juga meliputi individu yang menjalani prosedur medis seperti kemoterapi dan terapi radiasi.

  1. Kebiasaan yang Tidak Sehat

Merokok dan mengonsumsi alkohol dalam jumlah tinggi merupakan salah satu penyebab kanker darah berikutnya. Jika Anda mempunyai kebiasaan yang tak sehat ini, segeralah kurangi atau hentikan.

Cara Mengatasi Penyakit Kanker Darah

  1. Memeriksa Resiko Karena Keturunan

Salah satu penyebab kanker berasal dari faktor keturunan. Jika ada orangtua atau saudara yang menderita kanker, sangat mungkin kanker juga menyerang anggota keluarga lainnya. Untuk itu mengetahui ada tidaknya anggota keluarga yang pernah terkena kanker sangat penting sebagai cara mencegah kanker darah.

  1. Rutin Olahraga

Berolahraga merupakan cara mencegah kanker yang baik. Sebab saat berolahraga, lemak dalam tubuh akan terbakar dan mempercepat metabolisme.

Hal itu akan mencegah terjadinya kanker. Tidak harus berupa olahraga berat. Olahraga ringan seperti jalan sehat atau lari pagi bisa membantu mencegah kanker.

  1. Menjauhi Alkohol

Sejak lama alkohol sudah sering disebut sebagai penyebab kanker. Untuk cara mencegah kanker darah, menghindari konsumsi alkohol merupakan langkah yang tepat.

  1. Mencegah Kanker Darah Dengan Menghindari Rokok

Seperti alkohol, rokok juga menjadi sumber penyebab berbagai penyakit tak terkecuali untuk penyakit kanker. Meninggalkan kebiasaan merokok atau berupaya menjauh dari orang yang sedang merokok adalah upaya baik untuk cara mencegah kanker darah.

  1. Menghindari Makanan Yang Diasap Dan Dibakar

Penyebab umum kanker lainnya adalah makanan yang diasap, dibakar, atau diasamkan. Contohnya seperti ikan asap atau makanan yang diacar.

Makanan tersebut beresiko menimbulkan kanker. Oleh karena itu menghindari atau mengurangi frekuensi mengonsumsi makanan tersebut menjadi keharusan untuk cara mencegah kanker darah.

  1. Menghindari Makanan Dengan Zat Pewarna

Banyak makanan saat ini dicampur dengan zat pewarna agar terlihat menarik. Padahal kandungan zat pewarna itu sangat berbahaya bagi tubuh dan dapat memicu kanker.

Untuk cara mencegah kanker darah, sebaiknya usahakan menghindari makanan yang menggunakan zat pewarna. Makanan yang menggunakan zat pewarna dapat diketahui dari warna makanan yang terlihat jauh lebih menarik dibandingkan warna aslinya.

  1. Menghindari Makanan Berlemak

Lemak menyebabkan banyak masalah dalam tubuh. Termasuk sebagai pemicu kanker. Untuk cara mencegah kanker darah, hindarilah makanan-makanan berlemak tinggi.

  1. Konsumsi Vitamin A, C, dan E

Vitamin A, vitamin C, dan vitamin E memiliki kandungan antioksidan yang sangat berguna untuk cara mencegah kanker darah.

  1. Makan Makanan Kaya Serat

Buah-buahan dan sayuran merupakan makanan kaya serat. Memperbanyak konsumsi makanan tersebut sangat baik untuk cara mencegah kanker darah.

 

 

 

Leave a comment