Cara Melakukan Pencegahan Penyakit TBC!

Penyakit TBC merupakan penyakit yang mudah sekali menyerang bila keadaan tubuh lemah, karena penyakit ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri, lebih tepatnya oleh bakteri tuberkolosis.

Tuberculosis (TBC) merupakan penyakit menular yang masih menjadi perhatian dunia. Hingga saat ini, belum ada satu negara pun yang bebas TBC. Angka kematian dan kesakitan akibat kuman mycobacterium tuberculosis ini pun tinggi.

TBC dapat menyerang siapa saja, baik pria dan wanita, ataupun muda dan tua, semua dapat diserang dengan penyakit ini. TBC atau penyakit tuberkolusis biasanya mudah menyerang orang yang sedang mengalmi stress berat, ataupun orang yang daya tahan tubuhnya menurun.

TBC merupakan penyakit menular yang menyebabkan masalah kesehatan terbesar kedua di dunia setelah HIV. Indonesia sendiri termasuk lima besar negara dengan jumlah pengidap TB terbanyak di Asia Tenggara dengan jumlah pengidap yang mencapai 305.000 jiwa pada tahun 2012.

Gejala Penyakit TBC

Ada beberapa ciri-ciri awal penyakit TBC yang harus kita kenali. Berikut adalah beberapa contoh gejala penyakit TBC yang sering muncul.

  • Mengalami batuk berdahak tiada henti dan secara terus menerus selama satu bulan
  • Terkadang batuk berdahak disertai darah yang keluar bersama dahak
  • Badan terasa pegal-pegal dan meriang sekujur tubuh
  • Keluar keringat dingin pada malam hari tanpa sebab yang pasti
  • Dada sering merasa sesak
  • Nafsu makan berkurang drastis dan berat badan terus menurun
  • Penyebab Penyakit TBC
  • Penyebab penyakit TBC merupakan penyakit infeksi dari bakteri Mycobacterium tuberculosis.
  • Dibawah ini adalah faktor-faktor yang menjadi penyebab penyakit TBC
  • Sistem kekebalan tubuh penderita yang lemah
  • Bakteri Mycobacterium tuberculosis yang tumbuh menjadi agresif
  • Lingkungan yang kotor sehingga kemungkinan penularan dan penyebaran bakteri menjadi lebih besar.

Pencegahan Penyakit TBC

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Cara mencegah penyakit TBC bisa dengan meningkatkan daya tahan tubuh karena jika daya tahan tubuh kuat maka akan sulit untuk masuk nya virus ke dalam paru paru dan menyebabkan penyakit TBC.

Cara mencegah penyakit TBC dengan meningkatkan daya tahan tubuh bisa melalui olahraga dan juga mengkonsumsi suplemen seperti vitamin C sehingga akan kuat terhadap serangan virus.

  1. Makan makanan sehat

Makan makanan yang sehat yang lebih banyak mengandung gizi seperti sayur dan buah agar kesehatan tubuh juga bisa terjaga dengan baik. cara mencegah penyakit TBC dengan makan makanan yang sehat bisa di lakukan setiap hari nya, sebaik nya mengurangi membeli makanan di luar dan juga mengurangi makanan instan yang tidak baik juga untuk kesehatan.

  1. Melindungi mulut dan hidung

Cara mencegah penyakit TBC selain dari makanan juga bisa dengan melindungi saluran pernafasan dengan baik yang merupakan jalan masuk nya virus yang akan menyebabkan penyakit TBC. Maka dari itu jika ke luar rumah sebaik nya gunakan penutup mulut dan hidung sehingga jika udara yang kotor tidak akan langsung masuk ke tubuh.

  1. Melakukan vaksin

Vaksin bisa di lakukan oleh anak anak, remaja dan orang dewasa, cara mencegah penyakit TBC dengan vaksin sebaik nya di lakukan sehingga tidak akan menderita penyakit TBC. Vaksin bisa di lakukan di rumah sakit terdekat.

  1. Tidak merokok dan menggunakan obat terlarang

Hindari rokok dan obat obatan terlarang, karena cara mencegah penyakit TBC bisa dengan tidak merokok dan menggunakan narkoba.

  1. Masker

Selain melakukan vaksin, pencegahan lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan masker pada saat berada di tempat umum. Hal ini lebih diutamakan jika akan melakukan interaksi dengan para penderita TBC dan jangan lupa untuk selalu mencuci tangan sampai bersih menggunakan sabun terutama bagi para pekerja medis yang rentan tertular penyakit TBC.

Leave a comment