Berikut Tanda-Tanda Penyakit Hepatitis A!

Hepatitis A adalah suatu penyakit yang menyerang fungs organ hati atau lever. Penyakit ini akan merusak metabolisme tubuh karena lever tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Penyebab hepatitis A adalah virus hepatitis tipe A.

Virus ini asalnya dari luar dan masuk ke dalam tubuh manusia melalui makanan yang terkontaminasi virus ini. Hepatitis A tidak pandang bulu dalam menyerang manusia. Siapa saja bisa terserang penyakit ini, apakah tua atau muda, pria atau wanita. Jika sudah parah, maka penyakit ini akan berujung pada sirosis atau kerusakan hati pada level yang parah.

Penyakit hepatitis sendiri terdiri dari tiga varian, dimana hepatitis A adalah salah satunya. Dari ketiga jenis hepatitis, tipe A adalah termasuk ringan dan bisa disembuhkan dengan cepat jika terdeteksi cukup dini.

Virus hepatitis mudah menyebar melalui lingkungan yang kurang baik, terutama media yang dikeluarkan oleh tubuh manusia yang penderita hepatitis A seperti tinja, air ludah dan air seni. Tindakan preventifnya sangat jelas sekali, yakni membersihkan lingkungan dan vaksinasi hepatitis.

Tanda-Tanda Penyakit Hepatitis A

Tanda Gejala Hepatitis A biasanya ringan, dan bahkan banyak yang terinfeksi tapi mungkin tidak menyadari bahwa mereka sedang sakit.

Gejala Hepatitis A akut seperti telah disebutkan diatas yakni demam, lemah, tidak nafsu makan, mual muntah, dan kulit, mata serta air seni menjadi kuning. Virus heatitis A hampir selalu hilang dengan sendirinya dan tidak menyebabkan kerusakan hati jangka panjang, artinya tidak menyebabkan hepatitis kronis.

Hepatitis A sangat menular dan dapat menyebar dari orang ke orang melalui rute fecal-oral (lewat makanan yang tercemar). Makanan dapat tercemar ketika disentuh oleh penderita hepatitis A yang tidak mencuci tangan setelah BAB.

Sehingga sejumlah kecil tinja yang terinfeksi berpindah atau menyebar ke makanan. Jika makanan yang tercemar dimakan orang lain, maka ia dapat tertular. Dengan demikian sangat mudah menyerang orang lain dan dapat mewabah.

Ketika terdapat tanda-tanda dan gejala Hepatitis, maka dokter akan melakukan pemeriksaan darah untuk mendeteksi adanya hepatitis A. Pengobatan bersifat supportif artinya hanya memberi obat-obatan sesuai gejala yang ada, terkadang pasien perlu perawatan di rumah sakit karena kebenyakan mengalami muntah, badan lemah, dan pasien harus istirahat total.

Untuk mengurangi dampak kerusakan pada hati sekaligus mempercepat proses penyembuhan, beberapa langkah penanganan berikut ini akan diberikan saat dirawat di rumah sakit.

  1. Istirahat. Tujuannya untuk memberikan energi yang cukup bagi sistem kekebalan tubuh dalam memerangi infeksi.
  2. Anti mual. Salah satu dampak dari infeksi hepatitis A adalah rasa mual, yang mengurangi nafsu makan. Dampak ini harus diatasi karena asupan nutrisi sangat penting dalam proses penyembuhan.
  3. Istirahatkan hati. Fungsi hati adalah memetabolisme obat-obat yang sudah dipakai di dalam tubuh. Karena hati sedang mengalami sakit radang, maka obat-obatan yang tidak perlu serta alkohol dan sejenisnya harus dihindari selama sakit.

Cara Mencegah Hepatitis A

Pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan dorongan teman, saudara dan juga diri sendiri. Cara yang bisa dilakukan adalah:

  1. Menjaga kebersihan lingkungan dan paling utama adalah toilet.
  2. Buatlah fasilitas toilet yang standar kesehatannya terjaga dan juga sudah ditentukan.
  3. Dan disaat Anda menggunakan handuk, pasta gigi, serta menggunakan sikat gigi disaat sedang mandi maka pakaialah milik Anda sendiri.
  4. Jika Anda inginmaka sebaiknya menggunaka sendok garpu, gelas dan juga alat makan sendiri dan jangan bersamaan dengan orang lain, setelah makan maka sebaiknya segera bersihkan alat makan Anda.

Leave a comment