Berikut Jenis Jenis Penyakit Serangan Jantung!

Serangan jantung adalah kondisi yang terjadi ketika aliran darah yang kaya akan oksigen tiba-tiba terhambat ke otot jantung, sehingga jantung tidak mendapat oksigen.

Jika aliran darah tidak dipulihkan dengan cepat, bagian dari otot jantung akan mulai mati. Serangan jantung, juga disebut dengan infark miokard adalah kejadian gawat darurat yang dapat berakibat fatal jika tidak ditangani secepatnya.

Serangan jantung dapat disebabkan oleh penyakit jantung koroner. Kondisi ini muncul ketika zat lilin yang disebut plak menumpuk di dalam arteri koroner.

Arteri inilah yang menyalurkan darah yang kaya akan oksigen ke jantung. Saat plak menumpuk di dalam arteri selama bertahun-tahun, kondisi ini disebut juga dengan atherosclerosis.

Pada akhirnya, area plak itu sendiri dapat pecah (terbuka) di dalam arteri dan menyebabkan terbentuknya gumpalan darah pada permukaan plak.

Berikut merupakan jenis-jenis dari penyakit serangan jantung:

– Imfark Miokard Akut (kerusakan dan kematian otot jantung)

Imfark Miokard Akut merupakan ganguan pada jantung sebagai akibat dari penyakit jantug koroner. Penyumbatan yang terjadi pada arteri koroner menyebabkan otot-otot jantung tidak mendapakan pasokan darah yang cukup.

Jika kondisi ini berlangsung lama maka otot jantung akan mengalami kerusakan bahkan ototnya bisa mati. Darah yang kaya oksigen dan nutrisi lainnya dibutuhkan oleh otot jantung agar bisa berfungsi dan bekerja secara normal.

– Gagal Jantung

Ketika otot jantung tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup, maka fungsi kerja jantung akan terganggu.

Dikatakan “Gagal Jantung” bukan berarti jantung berhenti berkerja, Tetapi jantung tidak dapat berkerja dengan maksimal untuk memompa dan mengalirkan darah keseluruh bagian tubuh.

Gagalnya jantung dalam memenuhi kebutuhan darah yang cukup dapat mengakibatkan muncul gejala seperti nyeri dada, sesak napas, mudah lelah, pusing, detak jantung tidak normal dan sebagainya. Penyebab gagal jantung sebagian besar karena gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat.

– Kardiomiopati (pelemahan dan pembesaran otot jantung)

Kardiomiopati merupakan jenis gangguan pada otot jantung yang dapat mengakibatkan jantung lebih sulit untuk memompa dan mengalirkan darah keseluruh tubuh.

Kardiomiopati terbagi menjadi tida tipe utama yaitu kardiomiopati dilatasi (meluas), hipertrofi dan restriktif.

Kardiomiopati dapat terjadi karena melemahnya ruang utama jantung yang berfungsi untuk memompa darah yaitu ventrikel kiri, membesar dan menebalnya otot pada ruang utama jantung secara abnormal atau karena pengerasan otot jantung.

Secara umum penyebab kardiomiopati tidak diketahui, namun ada beberapa faktor yang berkontribusi

– Kelainan Katup Jantung

Jenis penyakit jantung lainnya adalah masalah kelainan pada katup jantung, katup jantung berfungsi untuk mengontrol dan mengendalikan aliran darah dalah jantung.

Jenis penyakit jantung ini dapat terjadi karena kelainan katup jantung bawaan sejak lahir, karena infeksi virus atau bakteri pada jantung atau karena efek samping dari pengobatan.

– Fibrilasi Atrial

Fibrilasi atrial merupakan gangguan pada jantung akibat ritme listrik jantung yang mengganggu kerja atrial.

Kelistrikan jantung yang tidak normal akan mengakibatkan otot jantung berkontraksi tidak beraturan dan jantung tidak dapat memompa darah dengan normal. Penyebab fibrilasi atrial diantaranya kelainan tiroid (hipertiroid) dan keracunan alkohol dalam jumlah banyak.

– Penyakit Jantung Rematik

Kerusakan katup dapat menyebabkan gagal jantung. Banyak pendapat yang menyatakan penyebab penyakit jantung rematik adalah reaksi dari autoimun sebagai reaksi dari penyakit demam rematik.

– Penyakit jantung Bawaan

Penyebab penyakit jantung bawaan sebagaian besar kasusnya tidak di ketahui, namun sebagian dokter menyatakan sebagian penyebabnya infeksi virus yang diderita ibu saat hamil, faktor keturunan, kebiasaan minum alkohol saat hamil muda, menggunakan obat berbahaya temasuk obat aborsi.

– Penyakit Serebrovaskular

Penyakit serebrovaskular merupakan jenis penyakit jantung terjadi karena adanya penyumbatan pembuluh darah di jantung yang mengarah ke otak.

Penyakit jantung ini jika tidak mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat dapat mengakibatkan serangan stroke. Penyebab penyakit serebrovaskular ini sama dengan penyakit jantung koroner.

– Penyakit Jantung Korner

Penyakit jantung koroner (PJK) merupakan jenis paling umum dan paling banyak dari macam-macam penyakit jantung lainnya.

Penyakit jantung koroner dikenal juga dengan “the silent killer” karena banyak mengakibatkan kematian, bahkan penyakit jantung koroner merupakan jenis penyakit tidak menural yang mengakibatkan jumlah kematian tertinggi di dunai.

Penyebab utama penyakit jantung koroner adalah sterosklerosis. Aterosklerosis adalah proses pengerasan dan penebalan pembuluh arteri koroner yang di sebabkan oleh penumpukan plak ateromatosa yang terdiri dari kolesterol, lemak dan sisa hasil metabolisme tubuh lainnya.

Banyak faktor yang dapat mengakibat terjadinya aterosklerosis, namun sebagian besar akibat pola makan dan gaya hidup yang tidak sehhat, seperti kebiasaan merokok, banyak mengkonsumsi makanan yang mengadung kolesterol dan lemak jenuh.

Obesitas atau kegemukan dan kurang berolahraga juga dapat mengakibatkan penyakit janutng koroner selain karena adanya faktor keturunan.

Leave a comment