Berikut Cara Mencegah Penyakit Hepatitis!

Hepatitis A merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus hepatitis tipe A dan menyerang sel-sel hati manusia. Setiap tahunnya di Asia Tenggara, kasus hepatitis A menyerang sekitar 400.000 orang per tahunnya dengan angka kematian hingga 800 jiwa. Sebagian besar penderita hepatitis A adalah anak-anak.

Gejala awal yang dapat muncul meliputi demam, mual, muntah, nyeri pada sendi dan otot, serta diare. Ketika organ hati sudah mulai terserang, ada beberapa gejala lain yang akan muncul, yaitu urine berwarna gelap, tinja berwarna pucat, sakit kuning dan gatal-gatal. Selain itu, daerah perut bagian kanan atas juga akan terasa sakit terutama jika ditekan.

Tetapi tidak semua pengidap mengalami gejala hepatitis A. Karena itu, penyakit ini kadang sulit untuk disadari. Hanya satu dari sepuluh penderita hepatitis A di bawah umur 6 tahun yang mengalami sakit kuning. Sedangkan pada remaja dan orang dewasa, penyakit ini biasanya menyebabkan gejala yang lebih parah dan 70 persen di antaranya akan mengalami sakit kuning.

Tidak seperti dua jenis hepatitis lainnya yakni hepatitis B dan hepatitis C, infeksi akibat hepatitis A ini tidak menyebabkan gangguan hati jangka panjang (kronis), dan jarang berakibat fatal. Namun, hepatitis A dapat menyebabkan munculnya gejala kerusakan hati akut, yang mana cukup berbahaya dan berpotensi mengancam nyawa.

Untuk mengurangi angka kejadian Hepatitis A, maka berbagai langkah pencegahan perlu dilakukan diantaranya adalah:

  1. Mencuci Buah Dan Sayur

Untuk mencegah terjadinya infeksi anda harus mencuci buah baru mengupasnya selain itu anda juga harus mencuci sayuran sebelum anda memasaknya. Hal itu berguna untuk menghindarkan dari infeksi yang bisa saja timbul akibat mengkonsumsi buah dan sayur tanpa dicuci terlebih dahulu.

  1. Vaksinasi

Pencegahan terhadap penyakit hepatitis bisa dilakukan dengan cara vaksinasi. Vaksinasi adalah cara yang paling efektif untuk mencegah penyakit ini. Vaksin ini akan diberikan sebanyak dua kali dan rentang waktu sekitar 6 bulan sampai dengan waktu 12 bulan.

Anak-anak juga diwajibkan untuk menerima vaksin ini. Vaksin ini juga harus diberikan kepada orang yang memiliki faktor risiko terkena penyakit hepatitis A. Di Indonesia, vaksin ini dimasukkan dalam imunisasi wajib yang harus dilakukan oleh bayi maupun anak-anak.

  1. Hindari Berbagi Barang Pribadi

Hal selanjutnya yang bisa digunakan sebagai pencegahan hepatitis A adalah dengan menghindari berbagi barang pribadi. Jangan pernah meminjamkan barang pribadi seperti handuk, sikat gigi, sendok, gelas dan lain sebagainya kepada orang lain. Hal itu dikarenakan media tersebut bisa mudah ditempeli virus penyebab hepatitis.

  1. Teknik Memasak yang Benar

Untuk menghindari penyakit hepatitis A kita diharapkan untuk memasak dengan teknik yang benar. Misalnya saja adalah memasak daging dengan merebusnya sampai matang, begitupula dengan ikan. Hal itu dikarenakan merebus makanan tersebut bisa digunakan untuk mematikan bakteri yang ada di dalam makanan tersebut.

  1. Hindari Makanan Mentah

Jangan pernah mengkonsumsi makanan dalam kondisi mentah. Alasannya adalah jika makanan mentah itu berasal dari lingkungan yang tercemar maka tubuh kita akan mudah sekali sebagai tempat pertumbuhan virus. Oleh sebab itu, hindari mengkonsumsi makanan dalam kondisi mentah atau makanan dalam kondisi setengah matang.

  1. Jangan Berbagi Makanan

Biar saja dibilang pelit asalkan itu demi kesehatan kita sendiri. Jika ada orang yang ingin meminta makanan yang sedang kita makan sebaiknya kita menolaknya. Bukan karena pelit namun untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Kalaulah kita ingin berbagi makanan, taruhlah makanan itu di tempat lain dan tidak satu tempat dengan makanan kita. Usahakan untuk tidak menyentuh tempat makanan dan peralatan makan orang itu.

Kalau orang tersebut tidak membawa piranti makanan, kita bisa meminggirkan makanan tersebut, untuk tidak kita makan dan setelah selesai makan kita bisa memberikannya kepada orang tersebut. Hal ini bisa kita lakukan jika makanan kita dibungkus dengan pembungkus sekali buang seperti kertas minyak maupun daun.

  1. Hindari Makanan Tidak Higienis

Ada baiknya kita tidak jajan sembarangan terutama makan di pinggir jalan. Kita tidak tahu apakah pemilik warung tersebut menjaga kebersihan makanannya dengan baik atau tidak. Kita tidak tahu dengan piranti makanan yang digunakannya, kita tidak tahu bagaimana cara dia memasak makanannya. Untuk terhindar dari kuman dan virus ada baiknya kita menghindari jajan sembarangan dipinggir jalan.

Leave a comment