Bahaya Penyakit Asma Yang Dapat terjadi!

Penyakit asma ini terjadi karena adanya peradangan di dalam saluran pernafasan dan bronkus. Bronkus ini merupakan organ kecil didalam tubuh yang berbentuk tabung dan fungsinya adalah sebagai tempat gelembung udara masuk dan keluar dari dalam tubuh. organ bronkus yang dimiliki oleh para penderita asma biasanya lebih sensitive serta mudah terjadi peradangan di dalamnya.

Berikut ini beberapa penyebab penyakit asma diantara lain adalah sebagai berikut:

  1. Faktor Makanan

Makanan juga menyebabkan timbulnya penyakit asma. Beberapa makanan yang dapat menyebabkan penyakit asma dan perlu untuk dihindari diantaranya adalah makanan junk food yang memiliki kadar MSG dan pengawet yang tinggi, minuman es atau dingin, kacang dan coklat yang mengandung allergen.

  1. Bawaan atau Turunan

Penyakit asma merupakan penyakit turunan. Jika riwayat keluarga kita pernah memiliki penyakit asma, maka tidak menutup kemungkinan anda atau anak anda juga akan mengidap penyakit tersebut. Jadi perlu diketahui kalau penyakit asma itu tidak menular melainkan penyakit keturunan.

Gejala Sakit Asma

Orang yang mengalami asma dapat menimbulkan gejala seperti:

  1. Sesak pada Bagian Dada

Tanda dari asma yang satu ini juga cukup identik dengan penyakit asma yaitu adanya rasa sakit di dalam dada. Hal ini terjadi karena di bagian dada akan terkena tekanan udara yang tidak bisa keluar masuk dengan sempurna. Rasa sesak pada bagian dada juga akan terjadi pada saat penderitanya selesai makan karena ada tekanan dari bagian perut ke bagian dada.

  1. Iritasi tenggorokan

Kebanyakan kasus bahwa jika seseorang mengalami iritasi tenggorokan merupakan ciri dari gejala penyakit asma, iritasi pada tenggorokan ini disebabkan karena saluran pernapasan tersumbat lendir.

  1. Susah Tidur atau Insomnia

Selain gejala yang sudah disebutkan di atas, gejala lainnya yang akan dialami oleh para penderita penyakit asma adalah susah tidur. Karena adanya gangguan pada pernafasan akan mengakibatkan para penderita penyakit asma akan mengalami sulit tidur. Sulit tidur ini akan mengakibatkan para penderitanya menjadi lemah, lesu, dan tidak bersemangat pada esok harinya.

  1. Mudah Lelah

Kondisi mudah lelah sebenarnya merupakan kondisi umum apabila seseorang mengidap penyakit tertentu termasuk juga penyakit asma, jika kadar oksigen dalam tubuh berkurang ini bisa saja kemungkinan karena terganggunya saluran pernapasan.

Bahaya Penyakit Asma

Asma termasuk penyakit yang berbahaya karena pada umumnya manusia hanya dapat menahan nafas kurang lebih selama 5 menit, adapun seluruh organ tubuh kita juga memerlukan asupan oksigen yang dihantarkan melalui paru-paru. Berbagai bahaya komplikasi asma yang dapat terjadi pada penderita penyakit asma adalah:

  1. Komplikasi asma Pneumothoraks

Pneumothoraks adalah keadaan adanya udara di dalam rongga pleura yang dicurigai bila terdapat benturan atau tusukan dada. Keadaan ini dapat menyebabkan kolaps paru yang lebih lanjut lagi dapat menyebabkan kegagalan napas.

  1. Komplikasi asma Pneumomediastinum

Pneumomediastinum dari bahasa Yunani pneuma “udara”, juga dikenal sebagai emfisema mediastinum adalah suatu kondisi dimana udara hadir di mediastinum. Kondisi ini dapat disebabkan oleh trauma fisik atau situasi lain yang mengarah ke udara keluar dari paru-paru, saluran udara atau usus ke dalam rongga dada.

  1. Bronkhitis

Bronkhitis atau radang paru-paru adalah kondisi di mana lapisan bagian dalam dari saluran pernapasan di paru-paru yang kecil ( bronkhiolis ) mengalami bengkak. Selain bengkak juga terjadi peningkatan produksi lendir ( dahak ).

Akibatnya penderita merasa perlu batuk berulang-ulang dalam upaya mengeluarkan lendir yang berlebihan, atau merasa sulit bernapas karena sebagian saluran udara menjadi sempit oleh adanya lendir.

Leave a comment