Apakah Serangan Jantung Penyakit Keturunan

Penyakit serangan jantung adalah penyakit yang paling mematikan nomer satu di seluruh dunia. Saat ini banyak pasien yang meninggal akibat penyakit jantung ini.

Pada keadaan tertentu saat aliran darah ke otot jantung terganggu, maka hal ini yang sering diistilahkan dengan penyakit jantung koroner.

Serangan jantung terjadi jika darah ke otot jantung sudah terhalang penuh dan terjadi kematian otot jatnung karena tidak bisa memperoleh oksigen lagi.

Kerusakan yang hebat akan bisa terjadi pada keadaan ini. Ada bagian otot jantung yang rusak/mati yang disebut miokard infark.

Penyebab penyakit serangan jantung umumnya tidak begitu disadari oleh penderitanya. Penyebab serangan jantung baru akan dirasakan ketika timbul suatu gejala umum seperti angina (sakit dada), sesak napas dan gejala umum lainnya.

Serangan Jantung Penyakit Keturunan

Faktor-faktor utama yang meningkatkan risiko penyakit jantung adalah merokok, tekanan darah tinggi, kadar kolestrol tinggi dalam darah, kurangnya berolahraga, dan asupan kemak jenuh serta lemak trans dari makanan.

Meski demikian, riwayat keluarga yang terkena penyakit jantung juga dapat menjadi faktor risiko yang memungkinkan kita juga terkena serangan jantung.

Dari keluarga, kita bisa mewarisi gen pendukung penyakit jantung, misalnya produksi kolestrol dalam tubuh yang sudah tinggi atau kita mewarisi gaya hidup yang kurang sehat dari keluarga.

Kita perlu waspada jika ayah kita di bawah usia 55 tahun dan ibu kita di bawah 65 tahun terkena serangan jantung, karena itu berarti kita berpeluang besar mengalami hal yang sama.

Menurut American Journal of Preventive Medicine, peluang yang kita peroleh sekitar 1,5 sampai 2 kali lebih besar dibandingkan teman kita yang tidak memiliki riwayat keluarga penyakit jantung.

Meski ada benarnya bahwa penyakit jantung itu penyakit turunan, namun kita bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung dengan menerapkan gaya hidup sehat sedini mungkin.

Gejala Serangan Jantung

Kita hanya bisa memiliki waktu kurang dari 30 menit untuk menyelamatkan penderita jantung koroner sejak serangan pertama. Berikut ini adalah gejala atau tanda dari serangan jantung koroner yang perlu diwaspadai:

– Berkeringat

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, berkeringat ini adalah gejala yang menyertai gejala mudah khawatir yang dirasakan seseorang.

– Dada Terasa Nyeri

Ciri ciri serangan jantung paling umum hampir semua penderita alami adalah nyeri di dada. Nyeri pada bagian dada artinya adalah rasa sakit yang muncul di bagian tersebut dan ini adalah sebuah gejala awal.

– Punggung Terasa Sakit

Punggung tiba-tiba sakit dan akhirnya pun rasa sakit ini berkelanjutan memang bisa jadi ada masalah dengan kelelahan otot atau salah urat di mana hal tersebut kerap terjadi ketika kita terlalu lelah bekerja.

Akibat Serangan Jantung

– Mudah Khawatir

Tak perlu orang yang punya masalah jantung, orang dengan kesehatan normal pun bisa juga memang memiliki kekhawatiran atau kecemasan berlebihan.

– Pembengkakan di Bagian Tubuh

Ada beberapa bagian tubuh yang diketahui dapat membengkak dan menjadi gejala dari serangan jantung.

– Sesak Napas

Masalah pada jantung bisa juga terdeteksi oleh adanya kondisi sesak napas di mana hal ini disebabkan oleh ketidaknormalan kontraksi otot jantung.

– Mual-mual

Gejala dari serangan jantung salah satunya adalah terasa mual dan ini akan sangat mengganggu karena ada hubungannya juga dengan nafsu makan kita yang menjadi tidak seperti biasanya.

– Nafsu Makan Menurun

Rasa mual yang dirasakan dapat menimbulkan efek buruk bagi nafsu makan kita, di mana nafsu makan akan mengalami penurunan.

– Cepat Lelah

Mudahnya tubuh terasa lelah dapat disebabkan oleh banyak hal, termasuk kekurangan cairan, diet yang berlebihan, anemia, kurang tidur dan sebagainya.

– Irama Detak Jantung Lebih Cepat

Detak jantung bergerak lebih dari normalnya pun patut untuk dicurigai bahwa ini adalah sebuah tanda adanya gejala serangan jantung.

Mengenali gejala seperti ini pun penting karena ketika detak jantung lebih cepat dan terjadi terlalu sering harus segera diperiksakan sehingga dokter dapat bertindak cepat dan kita tak telanjur mengalami serangan jantung.

Kondisi serangan jantung yang sudah terjadi bisa menyebabkan jantung kehilangan fungsinya lagi secara normal. Serangan jantung yang sudah terjadi biasanya akan menyebabkan kerusakan permanen pada bagian otot jantung.

Meskipun jika serangan jantung sudah mendapatkan perawatan namun kondisi jantung yang sehat sulit untuk didapatkan.

Karena itu orang yang sudah menderita serangan jantung harus minum obat sesuai petunjuk dokter dan membawa obat itu kemanapun pergi untuk mengatasi serangan berulang.

Penyakit jantung memang sangat mengerikan. Salah satu usaha untuk mencegah agar tidak terkena penyakit jantung adalah dengan mengelola kesehatan jantung itu sendiri.

Terlebih jika sudah menderita penyakit jantung maka harus mengelola gaya hidup sehat. Dan semua orang harus memperhatikan beberapa cara untuk memberikan pertolongan pertama pada serangan jantung.

Leave a comment