Apakah Penyakit Maag Jantung Berdebar?

Maag merupakan radang lambung atau juga dikenal tukak lambung yang menyerang lambung disebabkan adanya luka di dalam lambung. Akibatnya perut terasa sakit, terasa lapar terus-menerus, mulas dan perih. Banyak orang yang terkena penyakit maag dan banyak pula menganggap remeh penyakit maag.

Orang-orang yang sibuk seperti pekerja kantoran, guru, pegawai, anak sekolah dan mahasiswa kerapkali mengabaikan disiplin makan tepat waktu. Tenaga terlalu diforsir, kelelahan, stress, serta makan makanan yang tidak sehat menjadi pemicu penyakit yang satu ini.

Penyakit maag adalah penyakit yang tidak boleh anda sepelekan begitu saja, dan harus segera ditangani secepatnya karena penyakit maag akan semakin parah menjadi penyakit maag kronis bahkan bisa menjadi kanker lambung yang berujung kematian.

Penyakit Maag Jantung Berdebar

Apabila Anda mempunyai penyakit maag dan refluks gastro-esofageal (GERD), berarti Anda sudah pernah merasakan rasa panas atau terbakar yang sering dirasakan di daerah ulu hati sampai dada. Gejala tersebut akan muncul ketika maag kambuh atau asam lambung naik ke atas, ke arah esophagus, sehingga memunculkan gejala panas atau terbakar di daerah dada.

Selain rasa terbakar di daerah dada, gejala lain yang sering muncul akibat maag kambuh adalah jantung berdebar. Ketika Anda mengalami jantung berdebar, biasanya Anda akan cepat menyadarinya. Hal ini disebabkan karena jantung akan dirasakan berdetak lebih cepat dibandingkan dengan biasanya.

Palpitasi, atau jantung berdebar, dan rasa panas di daerah ulu hati sampai dada biasanya disebabkan oleh pergerakan asam lambung yang naik ke daerah leher. Apabila Anda mengalami hal tersebut, Anda harus dapat membedakan penyebab terjadinya hal tersebut, apakah dari lambung akibat maag kambuh ataukah karena penyakit jantung.

Jantung berdebar akibat penyakit maag kambuh biasanya dirasakan ketika Anda berbaring telentang, membungkuk, atau muncul segera setelah makan. Selain itu, biasanya rasa asam di dalam mulut juga akan dirasakan. Rasa nyeri atau terbakar di daerah ulu hati akibat penyakit maag kambuh dan karena penyakit jantung terkadang mempunyai gejala yang hampir mirip.

Gejala yang disebabkan oleh penyakit jantung biasanya disertai dengan mual, muntah, keringat dingin, nyeri yang teramat sangat, dan disertai sesak atau sulit bernapas. Apabila Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segeralah untuk membawa diri Anda ke dokter karena dapat berakibat sangat fatal.

Jantung berdebar biasanya dapat muncul karena pada penyakit maag kambuh dan tidak tertangani dengan baik. Asam lambung yang naik akan mengiritasi saraf vagus yang juga berfungsi mengatur detak jantung. Hal ini disebabkan karena saraf vagus terletak dekat dengan organ saluran pencernaan.

Cara Mengatasi Jantung Berdebar Karena Penyakit Maag

Hal yang dapat Anda lakukan ketika Anda mengalami jantung berdebar karena maag kambuh adalah dengan memperbaiki gaya hidup Anda, misalnya, dengan makan secara teratur, menghindari makanan yang mengandung kafein tinggi, seperti teh, kopi, dan minuman bercola.

Anda harus menghindari untuk mengonsumsi kafein karena selain dapat mengiritasi lambung, kafein juga dapat meningkatkan detak jantung. Selain melakukan pola hidup sehat, konsumsi obat jenis antasida juga dapat mengurangi gejala akibat maag kambuh secara cepat, serta dapat pula menurunkan kadar asam lambung.

Apabila gejala akibat maag kambuh tidak mengalami perubahan setelah mengonsumsi obat-obatan untuk lambung, maka bawalah diri Anda ke dokter untuk mengetahui penyebab gejala tersebut secara cepat dan tepat sehingga Anda akan mendapatkan pengobatan yang sesuai dari dokter.

Makanan Sehat Untuk Penyakit Maag

Berikut adalah makanan yang sehat untuk penderita penyakit maag:

  1. Brokoli

Sayur brokoli bisa di konsumsi pada saat maag sedang kambuh, karena kandungan yang di miliki brokoli bisa memenuhi nutrisi untuk lambung dan juga tidak akan memperburuk keadaan lambung. Brokoli juga cukup di rebus sebentar saja, sehingga tidak terlalu matang yang juga dapat menghilangkan nutrisi yang di miliki oleh brokoli.

  1. Buah pisang

Untuk Anda yang terkena sakit maag, mengonsumsi buah pisang masak juga sangat baik. Pisang merupakan buah yang memiliki kandungan kalium yang tinggi. Kandungan kalium yang terdapat pada pisang mampu menyeimbangkan kadar keasaman di dalam lambung.

Mengonsumsi buah pisang juga dapat memberi rasa kenyang pada perut sehingga cukup baik untuk dijadikan cemilan di saat perut lapar. Sedangkan kandungan potasium yang terdapat pada buah pisang akan menjaga tekanan darah tetap normal akibat stress.

  1. Wortel

Selain brokoli dan kol, satu lagi jenis sayuran yang baik untuk maag. Wortel bisa dijadikan makanan sehat untuk penyakit maag karena mampu mengatasi tukak lambung. Konsumsilah sayuran ini setiap hari secara rutin. Wortel bisa dimakan langsung atau dibuat jus agar lebih nikmat.

  1. Kol

Tak jauh berbeda dengan brokoli, kol merupakan sayuran sehat yang berguna untuk orang yang terkena penyakit maag. Kol merupakan sayuran yang mengandung asam amino glutamin sehingga berperan untuk meningkatkan aliran darah ke perut, memberi nutrisi untuk sel dalam lambung, melindungi lapisan dalam perut, dan mengobati luka yang terjadi pada saluran cerna.

  1. Kentang rebus

Makan kentang rebus selain dapat membuat rasa kenyang dengan cepat juga cocok di konsumsi penderita maag. Karena kentang rebus dapat mencegah asam lambung naik atau akan memperburuk maag kambuh jika asam lambung juga naik. Kentang rebus bisa di konsumsi untuk pengganti nasi, agar lebih mudah juga proses pencernaan nya.

  1. Pepaya

Vitamin C baik untuk menjaga kesehatan lambung, karena itu mengkonsumsi pepaya juga baik di makan jika asam lambung naik, atau maag yang sedang kambuh.

Selain itu tekstur dari buah pepaya juga mudah hancur, sehingga akan mempermudah lambung untuk mencerna nya. Sebenarnya tidak hanya buah saja, biji dari buah pepaya juga dapat menjadi cara mengobati maag dengan cepat jika mengolah nya dengan baik.

Leave a comment