Apakah Penyakit Asma Itu Menular?

Asma itu merupakan suatu jenis penyakit pernafasan yang dimana saluran pernafasan pada bagian bronkhial paru ini mengalami penyempitan yang membuat para penderitanya mengalami kesusahan dalam bernafas. Pada umumnya penyakit asma ini dapat menyerang atau kumat secara mendadak dan bisa juga diakibatkan oleh beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya serangan penyakit asma.

Kondisi yang dapat terjadi kapan pun seperti ini sudah pasti akan sangat mengganggu dan membuat seseorang mengalami kesusahan untuk melakukan dan menjalankan aktivitas seperti biasanya.

Apakah Penyakit Asma Menular?

Asma bukanlah penyakit yang dapat menular, Adapun pemicu yang mungkin menyebabkan seseorang terkena penyakit asma yaitu:

  1. Faktor Makanan

Makanan juga menyebabkan timbulnya penyakit asma. Beberapa makanan yang dapat menyebabkan penyakit asma dan perlu untuk dihindari diantaranya adalah makanan junk food yang memiliki kadar MSG dan pengawet yang tinggi, minuman es atau dingin, kacang dan coklat yang mengandung allergen.

  1. Faktor Stres

Stres atau banyak fikiran dapat menjadi salah satu penyebab asma, dan stres bisa terjadi karena apabila tuntutan atau pengaruh dari suatu lingkungan melebihi kemampuan dari suatu adaptasi induvidu atau ada kemampuan untuk melawan.

Bisa juga stres terjadi dikarenakan adanya suatu masalah di dalam kehidupan seseorang. Sedangkan para pakar ahli percaya bahwa terdapat hubungan antara stres, sistem syaraf pusat, perubahan dalam fungsi imun dan endokrin, yang dapat memicu adanya gejala-gejala asma pada orang dewasa.

  1. Infeksi virus

Ada dua jenis virus yang sangat paling sering menyebabkan terjadinya penyakit asma adalah rhinovirus (RSV) dan virus influenza A, dan keduanya merupakan macam virus penyebab penyakit flu. Dan virus-virus tersebut dapat bekerja dengan cara menginfeksi adanya saluran pernapasan sehingga dapat menyebabkan peradangan.

Sedangkan peradangan dan infeksi ini dapat mengganggu adanya aliran udara yang akan masuk ke dalam paru-paru, hal tersebut akan membuat penderita asma akan kesulitan disaat bernapas. Adanya suatu penelitian yang menyatakan bahwa sekitar 40% serangan penyakit asma akan terjadi pada orang dewasa yang dapat disebabkan oleh infeksi virus.

  1. Genetik

Penyebab asma juga bisa di sebabkan oleh faktor genetik, atau terjadi nya kelainan pada saat di lahirkan. Memiliki saluran pernafasan yang tidak normal seperti ukuran bronkus yang kecil bisa menyebabkan penyakit saluran pernafasan seperti asma atau pun bronkitis.

Tanda Penyakit Asma

Berikut beberapa tanda gejala penyakit asma:

  1. Batuk

Batuk adalah respons alami dari tubuh sebagai sistem pertahanan saluran napas jika terdapat gangguan dari luar. Respons ini berfungsi membersihkan lendir atau faktor penyebab iritasi atau bahan iritan (seperti debu atau asap) agar keluar dari paru-paru dan saluran pernapasan bagian atas.

Batuk jarang mengindikasikan penyakit serius dan umumnya akan sembuh dalam waktu tiga minggu, sehingga tidak membutuhkan pengobatan. Namun, apabila batuk belum sembuh dalam kurun waktu tiga minggu, hati-hati itu merupakan gejala awal timbulnya penyakit asma.

  1. Sesak napas

Jika seseorang dalam menjalankan aktivitas atau secara tiba-tiba merasa sesak napas bisa saja mengindikasikan bahwa seseorang mengindap penyakit asma, segera konsultasikan dengan dokter untuk memastikannya.

Sesak nafas merupakan suatu keadaan dimana respiratory rate (RR) atau pola nafas seseorang lebih dari normal yaitu 16 sampai 20 kali per menit. Sesak napas merupakan salah satu tanda dari penyakit asma. Namun demikian, saat anda menderita sesak napas, bukan berarti anda menderita asma, sebab sesak napas juga bisa disebabkan oleh alergi, pertanda penyakit jantung, atau yang lainnya.

  1. Sakit Kepala

Kurangnya asupan oksigen ke dalam seluruh tubuh termasuk ke dalam kepala akan menjadikan kepala mudah sakit dan anda juga mungkin akan mudah mengantuk.

Namun hal ini merupakan hal biasa, sebaiknya anda tetap melakukan olah pernafasan saat anda mengalami sakit kepala jangan sedikit-sedikit minum obat yang akan membuat anda menjadi kecanduan bahkan bisa berbahaya dalam jangka panjang.

  1. Sulit bernapas

Orang yang menderita asma biasanya akan kesulitan untuk bernapas, dan apabila anda sedang beraktivitas, lalu secara tiba-tiba anda kesulitan bernapas, maka bisa dipastikan kalau anda terkena penyakit asma. Ciri ciri penyakit asma yang ini memang sangat menyiksa, karena aktivitas bisa terganggu.

Leave a comment