Apa Tanda Penyakit TBC?

Tuberkulosis (TBC atau TB) adalah penyakit infeksi pada saluran pernafasan yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri ini merupakan bakteri basil yang sangat kuat sehingga memerlukan waktu lama untuk mengobatinya. Bakteri ini lebih sering menginfeksi organ paru-paru (90%) dibandingkan bagian lain tubuh manusia.

Tuberculosis (TBC) merupakan penyakit menular yang masih menjadi perhatian dunia. Hingga saat ini, belum ada satu negara pun yang bebas TBC. Angka kematian dan kesakitan akibat kuman mycobacterium tuberculosis ini pun tinggi.

Tingkat prevalensi penderita TBC di Indonesia diperkirakan sebesar 289 per 100 ribu penduduk dan insidensi sebesar 189 per 100 ribu penduduk.

Bahkan 27 dari 1.000 penduduk terancam meninggal seperti yang dilaporkan Direktorat Jendral Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia yang dihimpun sepanjang 2011 mengenai tuberkulosis (TBC) di Indonesia.

Laporan tersebut juga meliris bahwa angka penjaringan penderita baru TBC meningkat 8,46 persen dari 744 penderita TBC di 2010 menjadi 807 per 100.000 penduduk di 2011. Namun, kabar baiknya angka kesembuhan pada 2011 mencapai target sebesar 83,7 persen dan angka keberhasilan pengobatan pada 2011 mencapai target sebesar 90,3 persen.

Penderita yang terserang basil tersebut biasanya akan mengalami demam tapi tidak terlalu tinggi yang berlangsung lama, biasanya dirasakan malam hari disertai keringat malam. Kadang-kadang serangan demam seperti influenza dan bersifat hilang timbul.

Gejala lain, penurunan nafsu makan dan berat badan, batuk-batuk selama lebih dari 3 minggu (dapat disertai dengan darah), perasaan tidak enak (malaise), dan lemah.

Inilah Tanda-tanda Penyakit TBC Yang Harus Diwaspadai, Sebagai Berikut:

  1. Batuk Berdarah

Selain batuk yang hebat dan dalam jangka waktu yang sangat panjang, hal lain yang akan dialami oleh para penderita penyakit TBC ini adalah batuk yang disertai dengan keluarnya darah.

Ini adalah salah satu gejala dan ciri yang paling identik pada penyakit TBC serta biasanya orang bisa mendiagnosa jika dirinya mengalami penyakit TBC ini saat munculnya darah ketika dirinya batuk.

Jika sudah begini maka sudah dianggap sebagai penyakit TBC yang cukup parah dan para penderitanya harus segera melakukan pemeriksaan ke dokter supaya mendapatkan solusi dan pengobatan yang terbaik nantinya.

  1. Dada Nyeri Saat Bernafas

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa salah satu ciri dari adanya penyakit TBC adalah rasa sakit dan sesak di dalam dada. TBC pada paru-paru ini akan menimbulkan rasa sakit terutama ketika bernafas.

Tentunya keadaan ini menjadikan para penderitanya menjadi sangat tersiksa dan terganggu aktivitasnya. Dada nyeri ini diakibatkan oleh paru-paru yang sudah terserang virus dan bakteri sehingga saat mengambil nafas dada terasa nyeri. Nyeri dada ini juga sering dialami oleh penderita bronkitis.

  1. Kejang-kejang

Gejala lain yang mungkin akan dialami oleh para penderita TBC adalah kejang-kejang seperti halnya orang yang mengidap penyakit epilepsy.

Kejang-kejang ini ditimbulkan karena bakteri penyebab penyakit TBC ini juga menyerang sistem saraf sehingga menyebabkan kejang-kejang. Untuk menanggulanginya ketika terjadi kejang memang lebih baik dilakukan oleh tim medis karena bisa jadi kejang ini juga menunjukkan keadaan lain yang tidak baik di dalam tubuh.

Jadi ketika anda mengetahui kerabat anda mengalami kejang jangan sungkan untuk segera membawanya atau memanggil tim medis supaya bisa mendapatkan pengobatan yang lebih intensif nantinya.

  1. Infeksi pada Bagian Tulang

Para penderita penyakit TBC ini juga bisa saja mengalami infeksi pada bagian tulang yang disebabkan oleh adanya bakteri yang sudah sampai tulang. Ciri ciri TBC paru paru yang akan dialami biasanya adalah rasa sakit atau nyeri pada bagian persendian dan sulit ketika bergerak.

Tentunya hal ini ini akan membuat para penderitanya menjadi tidak nyaman dengan keadaannya sekarang. Jika sudah mencapai pada tahap ini sebaiknya anda untuk segera memeriksakan diri ke dokter supaya dapat diketahui jenis penyakit apa yang anda alami saat ini.

  1. Urin yang Berwarna Merah atau Keruh

Selain gejala yang sudah disebutkan di atas, gejala lain yang akan dirasakan oleh para penderita adalah keluarnya urin yang bewarna merah akibat adanya darah di dalam urin atau urin yang berwarna keruh.

Hal ini berarti menandakan bahwa sistem organ ginjal juga sudah terkena masalah entah itu akibat penyakit TBC itu sendiri atau penyakit TBC memperparah penyakit ginjal yang sudah diderita oleh para penderitanya itu sendiri.

Urin yang bercampur darah juga bisa menyebabkan rasa sakit yang cukup luar biasa dan menyiksa para penderitanya.

Leave a comment