Apa Saja Penyebab Penyakit Serangan Jantung?

Penyakit serangan jantung adalah penyakit yang paling mematikan nomer satu di seluruh dunia. Saat ini banyak pasien yang meninggal akibat penyakit jantung ini.

Pada keadaan tertentu saat aliran darah ke otot jantung terganggu, maka hal ini yang sering diistilahkan dengan penyakit jantung koroner.

Gejala serangan jantung sangat bervariasi, namun tentu anda harus mewaspadai semuanya. Anda perlu mewaspadai berbagai macam gejala yang merupakan indikasi dari penyakit jantung.

Penyebab penyakit serangan jantung umumnya tidak begitu disadari oleh penderitanya. Penyebab serangan jantung baru akan dirasakan ketika timbul suatu gejala umum seperti angina (sakit dada), sesak napas dan gejala umum lainnya.

Berikut beberapa penyebab penyakit serangan jantung, diantaranya adalah:

berlangsung berhariphari dan ada kalanya sampai berminggu-minggu.

– Aritmia

Serangan jantung sringkali merusakkan sistem listrik jantung yang mengontrol irama jantung. Hal ini dapat menyebakan problem seperti terjadinya aritmia. Bila sistem listrik tersebut lenyap, kodnisinya akan amat berbahaya.

– Gagal jantung

Bila serangan jantung merusak organ jantung sedemikian parah, gagal jantung dapat terjadi, di mana pemompaan normal yang biasanya 75-80% menurun secara drastis. Dan cenderung menjadi gagal jantung.

– Tekanan darah rendah

Penurunan kapasitas karena serangan jantung mungkin menyebabkan tekanan darah menjadi amat rendah sedemikian rupa, sehinigga menyebabkan darah tidak cukup mengalir ke arteri koroner maupun bagian-bagian tubuh yang lain. Kondisi ini disebut hipotensi.

– Bradycardia

Dalam hal ini denyut jantung pasien kurang dari 50 bpm. Ini terjadi bila pusat permulaan dan serat konduksi dari aktivitas elektris pada sistem konduksi rusak.

Misalnya akibat serangan jantung. Lebih sering bersiffat tidak permanen walaupun gangguan bisa

– Mengacu bekerjanya klep jantung

Keempat klep jantung yang dioperasikan oleh sejumlah otot yang mungkin rusak akibat serangan jantung.

Bila hal ini terjadi, satu atau lebih klep tidak dapat berfungsi secara normal. Dalam situasi ini aliran darah mungkin berbalik arah dan dapat menimbulkan persoalan serius pada waktu serangan jantung.

Faktor penyebab penyakit serangan jantung lainnya yang umum diderita antara lain:

– Rata-rata kebanyakan dari penderita penyakit diabetes meninggal bukan karena meningkatnya level gula dalam darah namun karena adanya kondisi komplikasi yang menjadi penyebab penyakt serangan jantung.

– Kebiasaan merokok yang dan resiko penyakity jantung yang datang setara dengan 100 pon kelebihan berat badan yang tidak mungkin menyamakan keduanya.

– Memiliki tekanan darah yang tinggi atau hipertensi.

– Wanita yang memasuki usia 55 tahun atau yang sudah mengalami monopause dini akan mulai menyusul pria dalam hal resiko penyakit jantung yang anda derita.

– Pada pria yang memasuki usia 45 tahun sangat penting untuk menyadari kerentanan dan mengambil tindakan yang positif untuk mencegah datangnya penyakit jantung.

Berikut adalah cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit serangan jantung:

– Segera hentikan kebiasaan rokok

Merokok adalah salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung dan meningkatkan tekanan darah. Selain itu, merokok juga menyebabkan aterosklerosis atau penumpukan lemak pada pembuluh darah.

– Memilih makanan yang sehat bisa dianggap sebagai cara terbaik

Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak yang tinggi dapat memperparah atau meningkatkan risiko serangan jantung.

Lemak dari makanan akan membentuk plak di pembuluh darah sehingga menghalangi aliran darah. Untuk lebih memahaminya, baca lebih lanjut tentang kolesterol tinggi.

– Senantiasa berupaya menjaga tekanan darah adalah langkah tepat selanjutnya

Hipertensi atau tekanan darah tinggi akan memberikan beban yang berat pada pembuluh darah dan jantung.

Hal ini meningkatkan risiko terkena serangan jantung. Hipertensi bisa dikurangi dengan menjalani diet makanan sehat, membatasi konsumsi minuman keras (alkohol) dan garam.

Leave a comment