Apa Saja Ciri-Ciri Penyakit Serangan Jantung?

Ciri awal pada penderita penyakit jantung bervariasi karena tergantung jenis penyakit jantung yang dialami oleh seseorang.

Selain itu terdapat perbedaan antara sakit jantung dengan serangan jantung namun banyak orang yang mengartikan keduanya dengan makna yang sama.

Perbedaan tersebut terletak pada makna nya, jika sakit jantung merupakan ketidakmampuan fungsi jantung dalam memompa darah keseluruh tubuh

Sedangkan serangan jantung adalah penyumbatan atau pengecilan pembuluh darah yang membawa sari makanan dan oksigen menuju jantung.

Terlepas dari perbedaan tersebut tetap saja keduanya masih berhubungan erat. Berikut merupakan beberapa ciri-ciri penyakit serangan jantung:

– Sakit Pada Bagian Tubuh

Karena arteri tersumbat menimbulkan sakit pada bagian tubuh tertentu seperti jika pada wanita akan merasakan sakit pada tangan bagian kiri atau kanannya sedangkan pada laki-laki pada bagian kirinya.

Selain pada bagian tangan, bagian tubuh yang sering terasa sakit adalah bahu, punggung siku dan juga leher yang sewaktu-waktu datang dan juga pergi.

– Merasa Mudah Lelah

Seperti pada gejala penyakit anemia, ciri penyakit jantung salahsatunya juga adalah merasa lelah padahal seseorang tersebut baru saja bangun tidur dan tidak melakukan aktivitas berat apapun.

Jika hal ini terjadi tentu saja harus segera mengkonsultasikannya dengan dokter untuk memastikan keadaaan tubuh.

– Sakit Pada Bagian Kepala

Sakit pada bagian kepala jika terkena sinar matahari juga bisa saja merupakan ciri seseorang bermasalah dengan jantungnya.

Pengaruh ini bisa saja menimbulkan denyut jantung lebih lambat atau lebih cepat.

Pada wanita juga harus waspada jika mengalamai sakit migrain karena menurut penelitian yang diterbitkan oleh American Academy of eurology sakit kepala pada penderita penyakit jantung bisa saja akibat dari terjadinya penyimpanan sirkulasi darah.

– Merasa Mual

Gejala penyakit jantung selanjutnya adalah penderita akan meraskan mual sehingga menurunkan nafsu makan, pada awalnya bagian perut yang membengkak saja namun perut bagian dalam juga merasakan mual juga.

– Rasa Cemas

Biasanya orang yang mengalami serangan jantung mengalami trauma sehingga menimbukan rasa tegang, ketakutan dan juga kecemasan, rasa cemas ini tentu saja harus dihindari.

Karena merupakan pemicu munculnya kembai serangan jantung. Oleh karena itu dianjurkan untuk tetap tenang dan sebisa mungkin untuk menghilangkan cemas.

– Pembengkakan, ciri lain dari seorang yang menderita penyakit jantung adalah terjadinya pembengkakan pada bagian tubuh tertentu.

Seperti pada bagian perut atau pada bagian pergelangan kaki, hal tersebut terjadi karena cairan yang menumpuk dalam tubuh.

– Riwayat Keluarga

Apabila memiliki saudara atau kerabat yang mempunyai penyakit jantung atau serangan penyakit jantung ketika muda, sebaiknya lebih waspada.

Hal ini diungkapkan oleh Linda Gillam, MD seorang ketua pengobatan jantung di Morristown Medical Center, Atlantic.

Jika seseorang mengalami gejala penyakit jantung seperti diatas lantas jangan langsung menyimpulkan bahwa orang tersebut menderita penyakit jantung bisa saja penyakit lainnya yang hampir mirip gejala nya dengan penyakit jantung.

– Nyeri Dada

Ciri awal orang terkena penyait jantung bisa saja dari gejala nyeri pada bagian dada, namun nyeri dada tidak hanya merupakan gejala awal penyakit jantung, bisa saja karena penyakit lainnya.

Namun untuk memastikan hal tersebut maka kita harus berhati-hati dan segera memeriksakan diri pada dokter ahlinya.

Nyeri dada pada seseorang yang terkena serangan jantung karena penyumbatan arteri yang mengakibatkan darah tidak dapat mengalir menuju seluruh tubuh.

– Sesak Napas

Jika seseorang mengalami sesak napas bisa saja karena diakibatkan oleh pembuluh darah yang menghambat aliran darah. Penebalan pada otot jantung dan juga katup jantung yang mengalami kelainan.

– Keluar Keringat

Masalah pada jantung lainnya adalah seseorang harus waspada jika tubuh mengeluarkan keringat sedangkan tubuh tidak melakukan olahraga atau aktivitas apa-apa.

– Pingsan Mendadak

Pingsan atau keadaan tak sadarkan diri bisa terjadi oleh berbagai macam faktor salahsatuya bisa terjadi karena gla darah yang rendah, atau bahkan bisa disebabkan oleh faktor lainnya.

Namun, penyeabnya biasanya masalah yang cukup serius. Menurut ahli jantung Laxmi Mehta,. M.D., Women’s Cardiovascular Health di The Ohio State University Wexner Medical Center.

Mengatakan bahwa setiap kali tubuh pingsan, bahkan jika berfikir diketahui penyebabnya, sebaiknya harus tetap melakukan pemeriksaan diri ke dokter.

Langkah selanjutnya jika mengalami ciri gejala diatas segera konsultasikan dengan dokter yang sudah ahli menangani berbagai hal seputar jantung agar dapat dilakukan diagnosa lebih lanjut.

Leave a comment