Apa Itu Penyakit Lupus Dan Apa Obatnya?

Penyakit Lupus secara umum merupakan kelainan yang bersifat kronik pada masalah imunitas tubuh. Manusia memiliki sistem kekebalan tubuh yang berfungsi untuk menyerang benda asing, virus, bakteri atau kuman yang dapat menyebabkan penyakit.

Tetapi, pada penderita penyakit Lupus, sistem kekebalan yang harusnya berfungsi sebagai pelindung tubuh mengalami kelainan. Tubuh tidak dapat membedakan antara benda asing yang harus dimusnahkan dengan jaringan tubuh sendiri yang bermanfaat untuk kelangsungan hidup.

Akibatnya, yang diserang adalah jaringan tubuh sendiri dan menyebabkan kerusakan pada organ tubuh seperti pada paru-paru, darah, kulit, ginjal, otak, jantung, dan lainnya. Kerusakan pada organ tubuh vital selanjutnya menyebabkan penderita Lupus yang disebut Odapus semakin lemah dan sakit.

Ciri-ciri Penyakit Lupus

Ciri penyakit lupus tergantung pada yang organ yang terkena dan biasanya adalah:

  • Kelelahan
  • Nyeri sendi dan bengkak atau kekakuan, biasanya di tangan, pergelangan tangan dan lutut
  • Memiliki bintil merah pada bagian tubuh yang sering terkena matahari, seperti wajah (pipi dan hidung)
  • Fenomena Raynaud membuat jari berubah warna dan menjadi terasa sakit ketika terkena dingin
  • Pleurisy (radang selaput paru-paru), yang dapat membuat bernapas terasa menyakitkan, disertai sesak napas
  • Bila ginjal terkena dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan gagal ginjal

Lupus dapat mempengaruhi ingatan dan suasana hati serta menyebabkan stress atau kebingungan.

Komplikasi Penyakit Lupus

  • Ginjal – kerusakan ginjal serius adalah penyebab utama kematian bagi penderita lupus.
  • Sistem saraf pusat – lupus dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, masalah memori, kejang, dan perubahan perilaku.
  • Darah dan pembuluh darah– lupus menyebabkan peningkatan risiko anemia, perdarahan, pembekuan darah, dan peradangan pembuluh
  • Paru-paru – pneumonia menular dan kesulitan bernapas karena peradangan rongga dada lebih cenderung dengan lupus
  • Hati – otot jantung dan peradangan arteri lebih cenderung dengan penyakit ini, dan lupus meningkatkan kemungkinan penyakit jantung dan serangan jantung.
  • Infeksi – pengobatan lupus cenderung menekan sistem kekebalan tubuh membuat tubuh Anda lebih rentan terhadap infeksi.
  • Kanker – lupus meningkatkan risiko kanker, terutama limfoma non-Hodgkin, kanker paru-paru, dan kanker hati
  • Kematian jaringan tulang – lebih rendah suplai darah ke jaringan tulang menyebabkan istirahat kecil dan akhirnya kematian tulang. Hal ini paling sering terjadi pada tulang pinggul.
  • Kehamilan – lupus meningkatkan risiko keguguran, hipertensi selama kehamilan, dan kelahiran prematur.

Pengobatan Penyakit Lupus

  1. Minyak kelapa

Cara alami mengobati lupus yang terakhir pada daftar kali ini adalah dengan mengonsumsi minyak kelapa. Salah satu minyak esensial ini ternyata mengandung asam lemak medium-chain (rantai menengah) yang diteliti dapat membantu menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh, sekaligus mengurangi respon kekebalan tubuh negatif.

Lebih dari itu, minyak kelapa juga dapat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, meningkatkan kemampuan pencernaan serta mengendalikan gula darah.

  1. Omega-3 asam lemak

Menurut sebuah penelitian kecil, kandungan eicosapentaenoic acid (EPA) pada omega-3 asam lemak dapat mengobati dan memperbaiki gejala lupus, disebabkan oleh efek anti-inflamasi.

Studi lainnya yang diterbitkan oleh Annals of the Rheumatic Disseases pada tahun 2008 menemukan bahwa para peserta penelitian yang mengonsumsi 3 gram suplemen minyak ikan omega-3 (mengandung 1.200 mg DHA dan EPA) setiap hari selama enam bulan menunjukkan perbaikan gejala lupus dibandingkan Mereka kelompok plasebo.

  1. Probiotik

Kita tahu bahwa probiotik adalah bakteri menguntungkan yang ada di usus. Peran dari bakteri ini ternyata penting bagi perkembangan sistem kekebalan tubuh. Itu mengapa probiotik ini dapat memperpanjang remisi lupus dan mengurangi frekuensi flare-up yang diakibatkan lupus itu sendiri.

Dalam studi lainnya yang diterbitkan oleh The Journal of Immunology pada tahun 2009 disebutkan bahwa lactobacilli probiotik dapat membantu mengontrol perkembangan lupus melalui proses induksi sel.

  1. Jahe

Rempah dapur lainnya yang dapat dijadikan cara alami mengobati lupus adalah jahe. Disini jahe dapat mengobati gejala rematik pada penderita lupus. Hal tersebut disebabkan sifat antioksidan dan antiinflamasi-nya yang kuat sehingga dapat mengurangi bengkak dan nyeri sendi.

Anda dapat mencampurkan 1 inci akar jahe segar dengan jus buah dan sayuran segar. Campur menggunakan blender dan minum secara teratur. Untuk dosis yang lebih tepat sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter.

  1. Kunyit

Kandungan kurkumin aktif di dalam kunyit dapat secara efektif mencegah serta mengobati masalah autoimun, termasuk juga lupus.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of Renal Nutrition pada tahun 2012 disebutkan bahwa kunyit dapat membantu mengurangi hematuria, proteinuria serta tekanan darah sistolik pada pasien penderita refractory lupus nephritis.

Gunakan kunyit untuk minuman sehari-hari Anda dengan menambahkan segelas susu. Cara pembuatannya sendiri mudah, Anda hanya perlu mencampurkan 1 cangkir susu dengan 1 sdt bubuk kunyit. Anda juga bisa meningkatkan rasanya dengan menambah madu mentah dan konsumsi sebanyak satu atau dua kali sehari.

 

 

 

Leave a comment