Ada Berapa Jenis Penyakit Hemoroid Itu?

Penyakit Hemoroid atau yang lebih dikenal di masyarakat dengan nama ambeien merupakan suatu penyakit yang membuat penderitanya malu. Penyakit ini dikenal sebagai salah satu momok karena munculnya pada bagian tubuh yang kurang pantas untuk dibicarakan, yakni adalah bagian anus.

Hal ini membuat penderita menjadi malas untuk melakukan pemeriksaan diri. Mereka lebih senang untuk minum obat ambeien tradisional tanpa resep dokter. Penyakit wasir memang bukanlah penyakit yang berbahaya dan mematikan, namun penyakit ini bisa menjadi sangat mengganggu penderitanya.

Ciri-ciri penyakit wasir ambeien digambarkan dengan adanya gumpalan pada jaringan dalam dibagian saluran anus yang isinya adalah pembuluh darah dan juga jaringan yang menunjang yang ada pada sekitarnya, yang terdiri dari otot dan juga serat elastis.

Saluran dari anus adalah suatu terusan yang panjangnya adalah sekitar 4 cm yang dilewati oleh feses dari rektum menuju keluar. Anus merupakan saluran pembuangan terakhir feses atau sisa limbah tubuh ke luar.

Jenis Penyakit Hemoroid

Ada dua jenis Hemoroid Ambeien / Wasir dilihat dari posisi tumbuh, yaitu:

Hemoroid External atau Ambeien luar memiliki ciri berada diposisi lubang anus atau dubur. Letak Ambeien luar umumnya berada disisi depan dan bukan berada dibagian dalam lubang anus / dubur.

Hemoroid Internal atau Ambeien dalam memiliki letak berada didalam lubang anus. Hemoroids Internal umumnya hanya terlihat kecil ketika tumbuh sebagai penyakit dan sulit terlihat. Bila semakin membesar akan keluar terdorong oleh kotoran dan terus saja keluar sehingga mulai menganggu aktifitas seseorang.

Diare menahun yang tak kunjung sembuh, Ada beberapa orang yang karena suatu hal tertentu mengalami diare menahun yang walaupun sudah diobati dengan obat apapun namun masih belum sembuh juga.

Diare yang berkepanjangan ini menyebabkan anus seseorang menjadi elastis. Dan hal itulah yang menyebabkan ia terkena ambeien. Maka dari itu penyebab ambeien dan pengobatannya harus diketahui secara dini agar orang yang mengalami bisa segera diobati. Apalagi jika penyebabnya dari penyakit lainnya yang terlihat ringan seperti diare tersebut.

Faktor keturunan, Ada beberapa ahli yang mengatakan bahwa salah satu faktor penyebab ambeien adalah faktor keturunan. Walaupun hal itu belum diketahui secara pasti. Namun memang penyebab ambeien dan pengobatannya masih menjadi satu paket yang lengkap dalam penyakit ambien. Sehingga selain diketahui penyebabnya, pengobatannya pun harus ada.

Cara berhubungan seks yang tidak lazim, Salah satu penyebab ambeien adalah cara berhubungan seks dengan cara yang tidak wajar merupakan hal yang tidak boleh dilakukan. Misalnya saja berhubungan seks melalui anus. Hal tersebut sangat dilarang dilakukan karena dianggap berbahaya.

Pola makan yang sembarangan ( merokok, sering makan makanan yang pedas dan bersantan, sering minum alkohol dan soda ) dan gaya hidup yang tidak teratur

  • Kurang berolahraga
  • Sering mengangkat beban yang berat-berat.

Obat Untuk Penyakit Hemoroid

Berbagai macam krim, salep, dan obat suppositoria tersedia di toko obat tanpa memerlukan resep dokter. Suppositoria adalah jenis obat-obatan yang dimasukkan langsung ke dalam anus. Obat-obatan sejenis ini bisa dipakai untuk meredakan pembengkakan atau ketidaknyamanan yang dirasakan pasien.

Jangan menggunakan obat-obatan di atas lebih dari satu minggu, kecuali dokter yang menganjurkannya. Produk-produk ini bisa menimbulkan efek samping seperti ruam dan inflamasi. Segala jenis pengobatan harus digabungkan dengan pola makan yang bagus serta tetap mawas diri.

Tidak ada bukti tentang pengobatan mana yang lebih efektif. Tanyakan kepada dokter atau apoteker tentang produk yang cocok untuk Anda. Jangan lupa untuk membaca panduan penggunaan pada tiap obat sebelum memakai atau mengonsumsinya. Tidak dianjurkan memakai lebih dari satu produk obat-obatan secara bersamaan.

Pemakaian krim kortikosteroid

Jika Anda mengalami peradangan atau inflamasi di dalam atau pun di sekitar anus, dokter akan menyarankan penggunaan krim kortikosteroid. Jangan gunakan krim ini lebih dari tujuh hari berturut-turut. Krim ini bisa membuat kulit di sekitar anus menipis dan memperburuk iritasi.

Leave a comment