7 Tanda-Tanda Penyakit Diabetes Seperti Ini!

Diabetes adalah suatu kondisi dimana glukosa darah, atau yang biasa disebut dengan gula darah, dalam tubuh anda terlalu tinggi. Glukosa darah adalah salah satu jenis dari gula yang ditemukan di dalam darah dan bermanfaat sebagai sumber energi utama

Glukosa berasal dari makan yang anda makan, ia juga dibuat di dalam hati dan otot. Darah di dalam tubuh membawa glukosa ke seluruh sel-sel tubuh untuk menggunakan energi.

Pankreas, organ yang terletak diantara perut dan tulang belakang yang membantu proses pencernaan, melepaskan hormon yang disebut dengan insulin ke darah anda. Insulin membantu membawa glukosa darah ke seluruh sel tubuh anda. Terkadang, tubuh anda tidak cukup untuk membuat insulin atau insulin tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Tanda umum yang sering terjadi  ketika kekurangan insulin seperti berikut di bawah:

  1. Kesemutan

Sebut saja dengan mati rasa atau pada  kesemutan. Kesemutan ini dapat di alami oleh siapa pun, paling banyak terjadi di bagian kaki. Dan dana mengobati mati rasa ini bisa dengan mengkonsumsi air putih yang cukup. Air putih atau mineral dapat di minum dalam satu hari sebanyak 8 gelas atau sebanding dengan dua liter.

Tanda gejala diabetes adalah mengalami kesemutan. Gejala ini bukan termasuk gejala yang berat, melainkan yang ringan. Dan penyakit ini termasuk penyakit kambuhan yang terjadi dengan cara tiba tiba dan sembuh pun juga hilang dengan sendirinya. Kesemutan ini seperti ada semut yang menggerayang dan bila di tepuk akan sakit dan jika berjalan pun terasa sulit.

  1. Sering buang air kecil

Buang air kecil yang di lakukan pada normalnya kurang dari 10 dan jika lebih dari itu, maka sedang mengalami penyakit. Penyakit tersebut di namakan dengan anyang anyangan. Akan lemas jika terjadi hal seperti ini, yang tidak di batasi oleh usia atau umur sekalipun.

  1. Haus yang sering

Merasakan haus itu hal yang wajar, dan akibat dari rasa haus ini karena kegiatan olahraga yang menguras banyak tenaga. Tapi, jika kehausan terjadi dengan sering tanpa penyebabnya itu merupakan tanda gejala diabetes. Hal ini yang perlu di ketahui oleh semua orang. Kita akan mengalami kekurangan ion sehingga tubuh lemas. Cairan atau ion penting sekali untuk di cerna oleh tubuh.

  1. Sakit Kepala

Sakit kepala dapat muncul sebagai akibat dari ciri yang lainnya, seperti kurang energi yang tidak hanya akan menjadikan tubuh lemah, tapi juga otomatis bakal sakit kepala. Belum lagi adanya gangguan tidur yang disebabkan oleh berkali-kali buang air kecil yang terjadi lebih sering di malam hari.

  1. Mudah Lapar

Mudahnya seseorang menjadi lapar bisa juga dikarenakan mengidap diabetes kering yang tidaklah ia sadari. Rasa lapar akan terus melanda meskipun Anda sudah makan dan penjelasan untuk kondisi ini adalah karena adanya peningkatan glukosa yang penyalurannya terhambat ke seluruh sel yang ada di dalam tubuh. Jadi selain menjadi sering haus, Anda juga akan menjadi lebih sering merasa lapar.

  1. Tubuh Terasa Pegal

Bila Anda merasa tubuh terasa pegal-pegal padahal tidak melakukan kegiatan yang berat, maka itu tandanya bisa jadi Anda menderita diabetes kering.

Tubuh yang pegal bisa juga disebabkan oleh dehidrasi di mana otot pun menjadi kering sehingga timbul rasa pegal dan tidak nyaman ketika Anda bergerak sedikit saja. Apabila ada gejala lainnya yang menyertai dari tubuh yang pegal-pegal, maka Anda perlu mencurigainya dan memeriksakannya.

  1. Pusing dan Mual

Bila kondisi penderita diabetes kering akan mengalami sakit kepala, hal ini juga dapat dirasakan oleh Anda yang menderita diabetes basah. Rasa pusing pada diabetes basah terkadang juga akan disertai dengan rasa mual.

Leave a comment