7 Komplikasi Penyakit Insomnia!

Insomnia adalah kondisi di mana anda merasa sangat sulit untuk tidur, atau sulit untuk tidur nyenyak, atau keduanya. Kondisi ini bisa menjadi kronis sehingga membuat anda sama sekali tak bisa tidur bahkan ketika anda ingin tidur. Jika memiliki insomnia, anda biasanya akan bangun tidur dalam keadaan lelah, yang dapat mempengaruhi kemampuan anda beraktivitas pada siang hari.

Insomnia juga merupakan gangguan di mana orang tidak dapat mendapatkan cukup tidur atau tidur yang restoratif, karena satu atau lebih faktor. Penderita insomnia sering memiliki gejala di siang hari yang terkait dengan kurang tidur, seperti kantuk di siang hari, kelelahan, dan penurunan kewaspadaan mental.

Gejala insomnia susah tidur ditandai dengan gejala seperti sesak napas, atau sering buang air kecil, dan sering menahan sakit. Cemas atau khawatir yang berlebihan juga merupakan salah satu tanda dan penyebab dari terjadinya masalah insomnia ini.

Komplikasi Penyakit Insomnia

Seorang penderita insomnia bisa mendapati komplikasi berikut yang cukup mengerikan:

  1. Penurunan gairah seksual

Sebuah studi menyebutkan bahwa seorang pria yang mengalami gangguan kesulitan tidur akan membuat energynya lebih lemah dan ini yang menyebabkan bahaya dan akibat dari penyakit insomnia bisa mempengaruhi aktifitas sex seseorang yang menjadi lemah.

  1. Gangguan penglihatan yang buruk dan kurang konsentrasi

Sel sel saraf tidur yang terganggu tentu akan berakibat kerusakan dan gangguan pada sel sel mata anda. Ini akan mengirimkan sinyal gangguan juga pada otak hingga akibat penyakit insomnia ini bisa mengganggu focus anda,baik itu saat bekerja atau yang lebih parah lagi saat berkendara karena akan mengakibatkan kecelakaan.

  1. Memperburuk kondisi kesehatan

Seorang penderita akan mendapatkan bahaya dan akibat dari penyakit insomnia dengan serangan terhadap beberapa bagian tubuhnya. Seperti yang telah kita ketahui setiap organ tubuh memiliki fungsi penting dalam metabolism tubuh dan memerlukan jam istirahat yang cukup juga.

Jika organ tubuh tidak mengalami istirahat yang cukup maka bisa dipastikan semua fungsi tubuh akan terganggu. Tekanan darah anda akan meningkat,dan bukan tidak mungkin kinerja jantung menjadi tidak stabil.

Bahaya dan akibat dari penyakit insomnia yang lainnya bisa dilihat dari penampilan seorang penderita yang lebih berantakan. Kulit yang terlihat lebih kusam,mata yang kuyu karena kurang tidur,dan juga penampilan lainnya yang tidak terlihat segar. Ini akan membuat seorang penderita lebih tidak percaya diri.

  1. Kerusakan kulit

Ketika tidur, tubuh juga akan memperbaiki sel-sel dan jaringan kulit. Jadi, bila kurang tidur akibat insomnia dapat merugikan kesehatan kulit karena produksi kolagen menurun. Akibatnya, penuaan akan lebih cepat terjadi pada kulit.

  1. Keinginan makan berlebih

Sejumlah penelitian menemukan kaitan antara insomnia dengan kegemukan. Ternyanya, kurang tidur bisa memicu seseorang merasa lapar. Sebuah studi 2012 menunjukkan kurang tidur meningkatkan hormon ghrelin yang memberikan sinyal rasa lapar. Selain itu, orang yang insomnia cenderung memilih makanan yang asin dan manis saat lapar.

  1. Sulit konsentrasi

Insomnia juga dikenal berdampak buruk bagi fungsi kognitif. Contohnya, menjadi sulit berkonsentrasi sehingga meningkatkan risiko kecelakaan saat mengemudi. Kurang tidur juga membuat otak terasa lelah yang membuat seseorang tak mampu berpikir dengan baik.

  1. Dampak kejiwaan berupa stress pada seorang penderita

Ini mungkin tidak bisa dihindari. Faktor kelelahan yang amat sangat akibat kesulitan tidur akan membuat emosi kejiwaan semakin tidak stabil hingga seorang penderita bisa menjadi stress.

Leave a comment