6 Obat Penyakit Tipes Tradisional!

Obat sakit tipes sebenarnya tidak hanya bisa didapatkan di apotek atau di rumah sakit. Pasalnya di sekitar kita banyak bahan-bahan alami yang seharusnya bisa dimanafaatkan sebagai obat tipes. Jika dibandingkan dengan obat-obatan kimia, obat tradisional tentu relatif lebih aman. Meskipun waktu penyembuhannya mungkin tidak secepat obat-obatan yang sudah diolah secara modern.

Apalagi dalam proses pengobatan sakit tipes disarankan untuk menggunakan obat yang tidak menimbulkan efek samping. Tapi bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi obat-obatan kimia, ya. Boleh, tapi harus sesuai dengan resep dan saran dokter.

Berbagai pengobatan penyakit tipes bisa Anda pilih, tak terkecuali dengan obat alami penyakit tipes. Untuk itu pada artikel kali ini kami akan membagikan sedikit informasi kepada Anda mengenai apa saja gejala-gejala penyakit tipes yang perlu Anda waspadai dan obat alami apa saja yang bisa digunakan.

Mengingat penyakit tipes ini bisa menular tanpa Anda sadari sebelumnya. Dan jika Anda tidak mengenali gejalanya, semakin lama bakteri penyebab tipes akan mulai menggerogoti organ dalam tubuh Anda.

Berikut beberapa herbal yang dapat dijadikan obat tipes:

  1. Kunyit

Obat gejala tipes selanjutnya adalah dengan menggunakan tanaman kunyit. Anda bisa menggunakan ramuan yang terdiri dari 3 rimpang kunyit segar, 2 lembar daun sambiloto dan 2 bonggo serai. Tumbuk semua bahan tersebut lalu seduh dengan air yang hangat. Minumlah secara rutin selama kurang lebih satu minggu.

  1. Buah Sawo Muda

Obat sakit tipes tradisional yang pertama bisa dibuat menggunakan bahan alami buah sawo muda. Jika biasanya Anda lebih suka menikmati sawo yang matang, buah sawo yang masih muda ternyata bisa digunakan untuk mengobati sakit tipes. Sebelum mulai membuat obat tradisionalnya, Anda siapkan dulu lima buah sawo muda yang sudah dicuci sampai bersih.

Setelah itu Anda parut buah sawonya sampai benar-benar halus. Kemudian peras parutan sawonya dengan campuran air matang. Bagaimana? Mudah sekali, bukan? Untuk penggunaannya, anak-anak bisa minum satu kali sehari selama dua hari. Sedangkan untuk orang dewasa, takarannya satu kali sehari selama empat hari.

  1. Mentimun Segar

Selama ini mentimun mungkin lebih dikenal sebagai obat tekanan darah tinggi atau hipertensi. Namun siapa sangka, kalau makanan sehat yang biasa dijadikan menu lalapan ini juga bisa menjadi obat sakit tipes.

Dengan bahan alami ini Anda bisa membuat ramuan tradisional yang bisa dikonsumsi selama beberapa hari. Sebelumnya persiapkan dulu dua buah timun segar yang sudah diparut sampai lembut. Kemudian Anda peras parutan timunnya, dan saring airnya.

Untuk obat alami penyakit tipes yang satu ini bisa diminum tiga kali dalam sehari oleh orang dewasa dan anak-anak. Minum obat tradisional ini secara rutin sampai demam turun.

  1. Daun Keji Beling

Cara pertama adalah dengan menggunakan 15 lembar daun keji beling. Rebuslah dedaunan tersebut dengan komposisi air 2,5 liter. Rebus sampai mendidih selama kruang lebih 20 menit. Nah, setelah airnya digin kosumsilah air tersebut sebanyak 2 kali sehari sampai kodisi Anda membaik.

  1. Buah Pepaya

Buah pepaya mengandung serat tinggi dan sangat baik untuk menjaga kelancaran sistem pencernaan. Selain rasanya yang manis, ternyata buah yang dagingnya berwarna oranye ini juga bisa dijadikan obat sakit tipes. Bahan yang Anda perlukan adalah pepaya muda atau yang masih setengah matang. Parut daging buahnya sampai halus, lalu peras dan ambil airnya.

Konsumsi ramuan tradisional ini setiap hari sampai gejala sakit tipes yang Anda rasakan mulai menghilang. Tapi jangan lupa juga untuk tetap mengontrol kondisi Anda ke dokter untuk mengetahui apakah kondisi Anda sudah membaik atau belum.

  1. Toga

Selanjutnya Anda bisa menggunakan tanaman toga, di mana ramuannya terdiri dari 10 lembar daun sambiloto, temulawak sebayak 15 gram dan juga jinten hitam. Cucilah semua bahan sampai bersih lalu iris menjadi potongan berukuran kecil. Rebus semua campuran tersebut sampai mendidih dan konsumsi sebanyak 2 kali sehari sampai penyakit Anda mulai sembuh.

Leave a comment