5 Ciri Penyakit Gastritis Yang Ada Pada Pria Dewasa!

Jangan pernah anggap sepele penyakit lambung yang juga dikenal dengan sakit maag ini. Banyak orang mengganggap gangguan ini sebagai sakit perut biasa. Padahal, jika dibiarkan bisa berakibat fatal, yakni resiko kanker. Gastritis berasal dari bahasa Yunani yaitu gastro, yang berarti perut/lambung dan itis yang berarti inflamasi/peradangan.

Lambung pada dasarnya adalah sebuah kantung otot dimana makanan dicerna. Ketika makanan masuk ke lambung, secara bersamaan mukosa pada lambung mengeluarkan asam hidroklorida. Asam ini amat korosif sehingga paku pun dapat larut dalam cairan ini.

Gastritis sendiri disebabkan oleh adanya peradanganpada mukosa lambung akibat tingginya produksi asam dalam lambung.

Akibatnya, sejumlah keluhan akan dialami oleh penderitanya, diantaranya meliputi rasa perih di sekitar area ulu hati, perut kembung, bersendawa, sesak nafas, mual, bahkan muntah-muntah. Gastritis merupakan pembengkakan atau peradangandi lapisan lambung.

Gastritis ini bisa berlangsung hanya untuk waktu singkat saja atau bisa juga untuk waktu hingga berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Apabila anda bingung dengan istilah gastritis, orang awam sering menyebut gastritis dengan sakit maag.

Ciri Penyakit Gastritis

Dibawah ini merupakan ciri0ciri dari penyakit gastritis, diantaranya yaitu:

  1. Cepat kenyang

Kondisi lain yang memang terbilang sepele namun anda tetap jangan membiarkan kondisi yang anda alami dibiarkan terlalu lama tanpa adanya pemeriksaan. Apabila anda merasakan cepat kenyang meskipun hanya makan sedikit anda harus mewaspadainya karena kemungkinan ada yang tidak beres pada lambung anda.

Perlu untuk anda ketahui bahwa cepat kenyang ini kemungkinan besar adalah pertanda dari penyakit gastritis. Untuk mengetahui secara pasti, sebaiknya segera lakukan upaya pengobatan secepatnya agar anda terhindar dampak buruk yang bisa merugikan kesehatan tubuh anda.

  1. Mual dan muntah

Penderita penyakit gastritis juga akan mengalami gejala seperti mual dan muntah, kami menyarankan kepada anda apabila anda mengalami kondisi seperti mual dan muntah untuk segera melakukan pengobatan secepatnya.

Perlu untuk anda ketahui bahwa mual dan muntah menandakan kondisi gastritis yang sudah parah, bagi anda yang mengalami mual dan muntah segera lakukan pengobatan secepatnya agar terhindar dari dampak buruk yang kemungkinan besar bisa merugikan kesehatan tubuh.

  1. Muntah darah

Bagi anda yang tidak ingin memiliki resiko yang tinggi untuk terkena dampak buruk dari penyakit gastritis, salah satu tanda dan gejala penyakit asbestosis yang harus anda ketahui dan waspadai adalah mengalami muntah darah.

Biasanya apabila seorang penderita penyakit gastritis mengalami muntah darah, maka anda harus mewaspadainya karena muntah darah menandakan kondisi penyakit gastritis sudah parah. Untuk mencegah agar anda tidak terkena dampak buruk sebaiknya segera lakukan upaya pengobatan secepatnya untuk mencegah agar tidak terkena dampak buruk.

  1. Gangguan saluran cerna

Tanda dan gejala penyakit gastritis lain yang harus anda ketahui dan waspadai apabila anda tidak ingin memiliki resiko yang tinggi untuk terkena dampak buruk dari penyakit gastritis adalah adanya gangguan pencernaan.

Kondisi seperti gangguan pencernaan akan terjadi ketika kondisi penyakit gastritis sudah parah, agar anda tidak memiliki resiko yang tinggi terkena dampak buruk penyakit gastritis, sebaiknya segera lakukan upaya pengobatan sedini mungkin.

  1. Cegukan

Meskipun terbilang ringan, namun apabila anda mengalami cegukan anda harus mewaspadainya karena cegukan bisa saja pertanda anda terserang penyakit.

Penting untuk anda ketahui bahwa cegukan merupakan salah satu gejala dari penyakit gastritis, untuk mencegah agar anda tidak terkena dampak buruk, sebaik segera lakukan pemeriksaan untuk mengetahui langkah apa yang harus anda lakukan selanjutnya.

Leave a comment