4 Obat Penyakit Tuberkulosis Dari Medis!

Tuberkulosis merupakan salah satu penyakit yang disebabkan karena adanya infeksi pada saluran pernafasan. Infeksi ini tentu disebabkan karena bakteri dan mikroba yang menempel pada pagian pernafasan.

Bakteri itu biasanya adalah mikobakterium tuberkolosa. Biasanya paru-paru menjadi tenpat yang diserang oleh bakteri ini. Itu sebabnya terjadilah Tuberkulosis paru. Karena Tuberkulosis menyerang pada paru-paru Penyakit yang satu ini biasanya tidak memperlihatkan beberapa gejala yang khas layaknya penyakit lainnya. Biasanya penyakit Tuberkulosis ini hanya seperti panyakit batuk biasanya.

Saat ini Indonesia berada pada urutan ketiga terbesar sebagai negara dengan masalah penyakit Tuberkulosis di dunia. Penyakit ini diakibatkan infeksi kuman mikobakterium tuberkulosis yang dapat menyerang paru, ataupun organ-organ tubuh lainnya seperti kelenjar getah bening, usus, ginjal, kandungan, tulang, sampai otak.

Ciri Penyakit Tuberkulosis

Penularan penyakit Tuberkulosis tidak dapat diketahui dengan cepat karena tidak bisa diketahui dengan mudah. Namun, ada ciri ciri penyakit Tuberkulosis yang perlu diketahui untuk lebih hati hati dan cepat tanggap apabila mengalami perubahan kesehatan. maka dari itu di bawah ini beberapa ciri ciri penyakit Tuberkulosis yang perlu diketahui:

  1. Batuk berdarah, yang akan dialami juga pada saat mengalami Tuberkulosis atau infeksi paru paru bukan hanya batuk kering saja, tetapi batuk berdarah juga bisa terjadi jika mengalami penyakit Tuberkulosis. Karena salah satu ciri ciri penyakit Tuberkulosis juga akan mengalami batuk berdarah, biasanya terjadi setelah batuk panjang di tahap awal.
  2. Banyak keringat di malam hari, jika penyakit Tuberkulosis terjadi, maka ada gangguan di malam hari yang akan terjadi, yaitu banyak keringat yang dikeluarkan pada malam hari. Malam hari banyak berkeringat sehingga mengganggu tidur.
  3. Sakit di bagian dada, jika pada saat bernafas terasa tidak nyaman dan terasa sakit, maka bisa jadi telah terinfeksi oleh bakteri. Karena ciri ciri penyakit Tuberkulosis juga akan menyebabkan penderitanya akan sakit pada bagian dada cukup sering terutama pada saat bernafas.

Faktor Risiko Tuberkulosis

Penyebab tuberkulosis adalah Mycobacterium tuberculosis. Basil tersebut menyebar di udara melalui semburan titik-titik air liur dari batuk pengidap Tuberkulosis aktif.

Terdapat sejumlah orang yang memiliki risiko penularan Tuberkulosis yang lebih tinggi. Kelompok-kelompok tersebut meliputi:

– Orang yang sering berhubungan dengan pengidap Tuberkulosis aktif, misalnya petugas medis atau keluarga pengidap.

– Orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti pengidap HIV/AIDS, diabetes, atau orang yang sedang menjalani kemoterapi.

– Orang yang mengalami malnutrisi atau kekurangan gizi.

– Perokok.

– Pecandu narkoba.

Obat Penyakit Tuberkulosis

Berikut adalah obat yang bisa diberikan kepada penderita:

  1. Pyrazinamide

Pyrazinamide adalah salah satu obat yang digunakan untuk mengobati penyakit tuberkulosis (Tuberkulosis), yakni suatu penyakit yang umumnya menyerang paru-paru manusia dan disebabkan oleh infeksi bakteri. Pyrazinamide sering kali dikombinasikan dengan tiga hingga empat obat lain dalam pengobatan penyakit tersebut. Obat ini bekerja dengan membunuh bakteri yang menyebabkan Tuberkulosis.

Secara keseluruhan, pengobatan Tuberkulosis dengan kombinasi obat-obatan bisa mencapai waktu 6-9 bulan. Dan untuk pyrazinamide sendiri dokter biasanya akan meresepkannya di dua bulan pertama saja.

  1. Rifampicin

Rifampicin merupakan obat yang berfungsi untuk menghentikan perkembangbiakan serta pertumbuhan bakteri. Obat yang disebut juga dengan rifampin ini adalah antibiotik yang bisa dipakai untuk mengobati beberapa infeksi serius dimana bakteri sebagai penyebabnya.

Contoh penyakit yang bisa diatasi oleh rifampicin adalah Tuberkulosis, pneumonia Legionnaires, infeksi staphylococcus, bruselosis, kusta, serta mencegah meningitis dan influenza.

  1. Isoniazid

Isoniazid merupakan salah satu obat yang digunakan untuk menangani penyakit tuberkulosis atau Tuberkulosis. Obat ini biasanya dikombinasikan dengan obat Tuberkulosis lainnya dalam satu tablet agar lebih praktis diminum tiap hari sehingga pasien tidak perlu minum beragam tablet.

  1. Ethambutol

Ethambutol adalah salah satu obat yang digunakan untuk mengobati penyakit tuberkulosis atau Tuberkulosis. Itu artinya ethambutol sering kali dikombinasikan dengan obat-obatan lain dalam pengobatan Tuberkulosis. Tuberkulosis merupakan penyakit yang menyerang paru-paru manusia dan disebabkan oleh infeksi bakteri.

Leave a comment