3 Penyebab Penyakit Insomnia!

Insomnia adalah kondisi saat seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak bisa tidur cukup lama sesuai dengan waktu yang dibutuhkan tubuh meski dia memiliki kesempatan untuk melakukannya. Hal tersebut menyebabkan kondisi fisik penderita insomnia menjadi tidak cukup fit untuk melakukan aktivitas keesokan harinya.

Penyakit insomnia sebenarnya bukanlah penyakit, namun merupakan gejala yang di dasari oleh beberapa kemungkinan penyebab, seperti gangguan emosional, gangguan fisik dna penggunaan narkoba.

Masalah kesulitan tidur sering kali dialami, baik oleh anak usia muda maupun orang tua, dan terjadinya sering bersamaan dengan ganguan emosional. Seperti kecemasan, kegelisahan, depresi, atau ketakutan. Kadang kadang seseorang juga bisa mengalami kesulitan tidur walaupun tubuh dan otak tidak lelah.

Penyebab Penyakit Insomnia

Penyebab penyakit insomnia adalah:

  1. Psikologis

Keadaan psikologis akibat dari perasaan gelisah yang membuat seseorang menjadi susah untuk tidur dengan nyaman dan juga pikiran yang gelisah biasanya berhubungan erat dengan berbagai kondisi dari psikologis termasuk salah satunya adalah akibat stres dan depresi.

Selain keadaan ini, penyebab penyakit insomnia bisa berhubungan erat dengan gangguan bipolar serta gangguan pasca trauma. Jika tidak mendapatkan suatu perawatan, maka kondisi seperti ini akan cenderung malah membuat keadaan menjadi semakin memburuk dan orang akan mengasosiasikan bahwa untuk mendapatkan waktu tidur adalah suatu perjuangan.

  1. Obat-obatan

Beberapa jenis obat-obatan tertentu bisa menyebabkan terjadinya penyakit insomnia. Contoh yang paling baik untuk kasus ini adalah obat antidepressan yang akan bekerja pada otak dan membuatnya menjadi lebih aktif.

Hal yang paling penting lagi adalah obat flu mempunyai kecennderungan untuk membuat pola tidur normal mengalami gangguan dan pada akhirnya akan menyebabkan penyakit insomnia. Obat lainnya yang diketahui sebagai penyebab dari penyakit insomnia adalah salah satunya obat penghilang rasa sakit, obat tekanan darah tinggi, diuretik, dan lain sebagainya.

  1. Keadaan kesehatan

Pada suatu keadaan medis atau keadaan kesehatan biasanya terjadi karena penyakit atau juga gangguan yang bisa mengakibatkan serangan penyakit insomnia dengan kronis. Keadaan dari kesehatan dengan kisaran dari alergi dan juga kondisi yang jauh lebih parah terjadi seperti salah satunya adalah akibat penyakit ginjal serta penyakit kanker.

Keadaan medis lain yang dikenal untuk bisa memicu dari terjadinya insomnia adalah penyakit asma, penyakir parkinson, dan asam lambung. Bahkan penyakit parah sebagai salah satu akibat dari cedera atau juga gangguan kesehatan yang mendasarinya juga diketahui akan membuat orang menjadi susah tidur.

Faktor Pemicu Insomnia

Selain hal diatas, faktor penyebab penyakit insomnia bisa diakibatkan karena pola tidur yang tidak konsisten. Untuk kualitas tidur yang sangat baik adalah hal yang penting dengan pola tidur seperi pergi tidur dan keudian bangun di waktu yang sama dalam setiap harinya.

Banyak orang yang mempunyai suatu kecenderungan untuk bisa menyesuaikan waktu tidur mereka agar bisa lebih konsisten.

Mengonsumsi makanan yang berat juga bisa menjadi penyebab penyakit insomnia. Tubuh anda biasanya membutuhkan waktu untuk bisa menyelesaikan proses pencernaan dengan baik, dan jika anda makan malam antara waktu makan malam dengan waktu tidur anda maka hal ini akan mengakibatkan susah tidur.

Dan sementara itu, jadwal kerja yang kadang juga akan sangat mempengaruhi proses ini apalagi jika mereka mendapatkan kerja baik full-time dan juga bekekrja paruh waktu tanpa adanya waktu istirahat, maka terlambat yang akan memberikan efek atau dampak yang sangat tidak baik untuk kesehatan.

Penyebab penyakit insomnia lainnya adalah karena tidur dalam keadaan lapar. Hal ini juga bisa memicu penyebab terjadinya penyakit insomnia. Sifatnya memang sementara.

Jika anda sedang menerapkan diet, maka hal ini merupakan salah satu hal yang paling buruk yang bisa anda lakukan untuk kualitas tidur anda. Anda memang bisa membantu menurunkan berat badan, namun anda akan mendapatkan suatu masalah susah tidur atau insomnia.

Leave a comment