13 Gejala Sakit Ginjal!

Ginjal adalah dua organ yang terletak di rongga perut Anda di kedua sisi tulang belakang di tengah punggung Anda, tepat di atas pinggang. Ginjal memiliki beberapa peran dalam mempertahankan hidup. Mereka membersihkan darah Anda dengan menghapus limbah dan kelebihan cairan, menjaga keseimbangan garam dan mineral dalam darah Anda, dan membantu mengatur tekanan darah.

Ketika ginjal menjadi rusak, produk-produk limbah dan cairan dapat menumpuk dalam tubuh, menyebabkan pembengkakan di pergelangan kaki Anda, muntah, kelemahan, kurang tidur, dan sesak napas.

Gejala Sakit Ginjal

Berikut ini gejala sakit ginjal yang harus diketahui, antara lain:

  1. Nafsu Makan Berkurang

Penderita ginjal akan memiliki nafsu makan yang berkurang hal itu dikarenakan rasa tidak nyaman di dalam perutnya dan juga di anggota tubuhnya.

Penderita ginjal merasa tidak nyaman jika kondisi perut yang tidak nyaman terisi dengan makanan. Jika sudah begitu, berat badan penderita ginjal akan menurun dengan drastis. Penderita ginjal akan mengurus dalam waktu yang singkat.

  1. Bengkak Di Pelupuk Mata

Pembengkakan yang terjadi pada penderita ginjal bisa sampai ke peulupuk mata. Hal itu merupakan ciri seseorang terkena penyakit radang ginjal. Radang ginjal ini bsia disebabkan oleh bakteri, bakteri tersebut merusak nefron pada ginjal sehingga urin bisa kembali masuk ke dalam darah.

Air yang dimasukkan ke dalam tubuh tidak dapat diserap secara maksimal. Pembengkakan pun bisa terjadi di pelupuk mata. Orang yang menderita radang ginjal harus melakukan cuci darah seumur hidupnya.

  1. Lutut Bengkak

Pada orang yang menderita sakit radang ginjal, pembengkakan bisa terjadi di daerah lutut. Hal itu dikarenakan penumpukan caran sisa metabolisme dan juga penyerapan air di dalam tubuh yang kurang maksimal.

  1. Buah Zakar Bengkak

Ciri penyakit radang ginjal lainnya adalah bisa menyebabkan buah zakar pada penis pria bengkak. Penyebabnya pun sama yaitu penumpukan cairan sisa metabolisme dan juga penyerapan air yang kurang maksimal.

  1. Busa Di Air Kencing

Anda patut curiga jika ada busa pada air kencing anda. Bisa jadi anda terkena radang ginjal. Nefron ginjal yang rusak tersebutlah yang menyebabkan mengapa kencing menjadi berbusa.

  1. Tekanan Darah Tinggi

Radang ginjal bisa menyebabkan seseorang terkena darah tinggi. Jika sebelumnya anda belum pernah memiliki riwayat darah tinggi kemudian tiba-tiba darah anda tinggi dan anda merasakan gejala-gejala sakit ginjal bisa jadi anda terkena penyakit radang ginjal.

Hal itu dikarenakan penyempitan pembuluh darah pada penderita ginjal yang juga memiliki penyakit diabetes.

  1. Lapisan Perut Meradang

Lapisan perut pada tubuh penderita ginjal bisa meradang akibat infeksi bakteri yang masuk ke dalam tubuh manusia.

Hal itu diperparah dengan antibodi penderita ginjal yang biasanya menurun. Saat antibodi menurun, tubuh akan mudah terkena berbagai macam penyakit salah satunya adalah peradangan lapisan perut.

  1. Kencing Diserbu Semut

Ciri tersebut merupakan salah satu ciri penyakit ginjal glukosaria. Orang yang sakit glukosaria akan memiliki kadar gula di dalam urin sehingga saat urin tersebut dikeluarkan bisa memancing kehadiran semut. Glukosaria juga bisa dikeluarkan bersamaan dengan urin sisa metabolisme.

  1. Susah Buang Air Kecil

Orang yang terkena batu ginjal akan measakan kesusahan ketika buang air kecil. Batu ginjal yang sudah berukuran besar akan menghambat saluran kecing sehingga menimbulkan kesulitan atau kesusahan ketika berkemih. Batu ginjal juga bisa menyerang ibu hamil. Ibu hamil yang seharusnya sering kecing saat usia kehamilannya telah besar justru akan merasakan sulit buang air kecil.

  1. Memiliki Pertumbuhan Yang Pelan

Penyakit ginjal tidak hanya menyerang orang tua dan orang dewasa saja, penyakit ginjal juga bisa diderita oleh anak-anak. Anak-anak yang menderita penyakit ginjal akan sulit sekali untuk tumbuh dan berkembang. Ginjal merupakan organ vital yang bisa mendukung pertumbuhan anak-anak dan juga bayi.

  1. Kencing Berdarah

Tanda atau ciri seseorang terkena penyakit ginjal hematuria adalah urin yang dikeluarkan bisa bercampur darah.

Penyebabnya adalah filter ginjal tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik sehingga ginjal tidak mampu menyaring urin yang dikeluarkan melalui ginjal. Darah di dalam tubuh manusia bisa dikeluarkan saat kencing karena filter ginjal yang terganggu.

  1. Sering Kram Parah

Orang yang menderita ginjal bisa terkena kram otot parah, penyebabnya adalah penumpukan cairan di dalam tubuh menyebabkan otot-otot atau syaraf di dalam tubuh beraksi salah satunya dengan cara kram tersebut.

  1. Sulit Tidur

Sulit tidur disebut dengan insomnia, jika anda sering merasakan sulit tidur dikarenakan sesak nafas dan kondisi perut yang tidak enak bisa jadi sulit tidur tersebut merupakan gangguan yang disebabkan oleh penyakit ginjal.

Banyak sekali yang menyebabkan mengapa seseorang menjadi sulit tidur salah satunya adalah penyakit ginjal.

Leave a comment