10 Gejala Sakit Ginjal!

Ginjal merupakan organ vital yang berperan sangat penting sangat penting dalam mempertahankan kestabilan lingkungan dalam tubuh.

Ginjal mengatur keseimbangan cairan tubuh dan elektrolit dan asam basa dengan cara menyaring darah yang melalui ginjal, reabsorbsi selektif air, elektrolit dan non-elektrolit, serta mengekskresi kelebihannya sebagai kemih.

Fungsi primer ginjal adalah mempertahankan volume dan komposisi cairan ekstra sel dalam batas-batas normal. Komposisi dan volume cairan ekstrasel ini dikontrol oleh filtrasi glomerulus, reabsorbsi dan sekresi tubulus.

Ginjal dilalui oleh sekitar 1.200 ml darah per menit, suatu volume yang sama dengan 20 sampai 25 persen curah jantung (5.000 ml per menit). Lebih 90% darah yang masuk ke ginjal berada pada korteks, sedangkan sisanya dialirkan ke medulla.

Inilah gejala sakit ginjal yang sering muncul, sebagai berikut:

  1. Nafsu Makan Berkurang

Penderita ginjal akan memiliki nafsu makan yang berkurang hal itu dikarenakan rasa tidak nyaman di dalam perutnya dan juga di anggota tubuhnya.

Penderita ginjal merasa tidak nyaman jika kondisi perut yang tidak nyaman terisi dengan makanan. Jika sudah begitu, berat badan penderita ginjal akan menurun dengan drastis. Penderita ginjal akan mengurus dalam waktu yang singkat.

  1. Sulit Tidur

Sulit tidur disebut dengan insomnia, jika anda sering merasakan sulit tidur dikarenakan sesak nafas dan kondisi perut yang tidak enak bisa jadi sulit tidur tersebut merupakan gangguan yang disebabkan oleh penyakit ginjal.

Banyak sekali yang menyebabkan mengapa seseorang menjadi sulit tidur salah satunya adalah penyakit ginjal.

  1. Bengkak Di Pelupuk Mata

Pembengkakan yang terjadi pada penderita ginjal bisa sampai ke peulupuk mata. Hal itu merupakan ciri seseorang terkena penyakit radang ginjal. Radang ginjal ini bsia disebabkan oleh bakteri, bakteri tersebut merusak nefron pada ginjal sehingga urin bisa kembali masuk ke dalam darah.

Air yang dimasukkan ke dalam tubuh tidak dapat diserap secara maksimal. Pembengkakan pun bisa terjadi di pelupuk mata. Orang yang menderita radang ginjal harus melakukan cuci darah seumur hidupnya.

  1. Kencing Berdarah

Tanda atau ciri seseorang terkena penyakit ginjal hematuria adalah urin yang dikeluarkan bisa bercampur darah.

Penyebabnya adalah filter ginjal tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik sehingga ginjal tidak mampu menyaring urin yang dikeluarkan melalui ginjal. Darah di dalam tubuh manusia bisa dikeluarkan saat kencing karena filter ginjal yang terganggu.

  1. Sering Kram Parah

Orang yang menderita ginjal bisa terkena kram otot parah, penyebabnya adalah penumpukan cairan di dalam tubuh menyebabkan otot-otot atau syaraf di dalam tubuh beraksi salah satunya dengan cara kram tersebut.

  1. Tubuh Bengkak

Penumpukan cairan sisa metabolisme yang tidak bisa dikeluarkan bisa menyebabkan penderita sakit ginjal mengalami bengkak. Tubuh penderita ginjal akan seperti menggembung karena penumpukan cairan tersebut. Tubuh yang biasanya bengkak adalah kaki, tangan dan juga perut.

  1. Perut Kembung

Penderita ginjal yang memiliki penumpukan cairan di dalam tubuhnya bisa merasakan perut kembung setiap hari hal itu dikarenakan penumpukan cairan di dalam perut bisa membuat perut kembung dan terasa tidak nyaman.

  1. Urin Berwarna Keruh

Ciri lainnya seseorang terkena infeksi ginjal adalah orang tersebut memiliki urin yang berwarna keruh. Bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh manusia bisa menginfeksi ginjal sehingga fungsi ginjal untuk menyaring urin tidak bisa dilakukan.

Urin yang bisa disaring ginjal ketika dikeluarkan warnanya bening sedangkan saat ginjal tidak mampu menyaring urin dia akan mengeluarkan urin dengan warna keruh. Warna urin yang keruh bisa cokelat seperti minuman soda dan merah darah.

  1. Demam

Orang yang menderita infeksi ginjal akan merasakan demam ringan di tubuhnya. Demam bukanlah suatu penyakit namun demam merupakan gejala suatu penyakit. Orang yang sakit ginjal bisa ditandai dengan demam yang tidak kunjung sembuh meski diberikan obat penurun demam.

Penyebab demam itu adalah bakteri yang masuk ke dalam tubuh manusia sedang berusaha menyerang sistem imun. Sistem imun yang tidak mampu menangkalnya akan memberikan reaksi terhadap virus atau bakteri itu berupa demam.

  1. Mual

Penderita ginjal bisa merasakan mual, hal itu dikarenakan penumpukan cairan bisa di dalam perut. Saat perut penuh dengan cairan, lambung bisa tertekan sehingga menyebabkan mual.

Leave a comment